PENGARUH BRAND AMBASSADOR BLACKPINK TERHADAP BRAND IMAGE TOKOPEDIA PERIODE 2021

LUTHFIAH NURAZHARI

Informasi Dasar

22.04.1385
302.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Brand Ambassador BLACKPINK Terhadap Brand Image Tokopedia Periode 2021. Penelitian dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi dimana penggunaan brand ambassador tidak selalu berhasil untuk meningkatkan brand image perusahaan. Hal tersebut terjadi pada saat pengangkatan brand ambassador Shopee BLACKPINK yang berujung dengan kontroversi di kalangan masyarakat dengan adanya petisi untuk menghentikan iklan BLACKPINK di media sosial karena BLACKPINK menggunakan busana dan tarian yang tidak pantas dengan kultur di Indonesia sehingga KPI memberikan teguran kepada pihak Shopee untuk menghentikan iklan BLACKPINK. Namun pada saat Tokopedia menggunakan BLACKPINK sebagai brand ambassador, justru mendapatkan respon positif dari masyarakat Indonesia yang diikuti dengan kenaikan jumlah kunjungan bulanan web Tokopedia pada bulan Januari 2021 sehingga menjadi e-commerce posisi pertama mengalahkan Shopee saat menggunakan BLACKPINK menjadi brand ambassador. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Brand Ambassador sebagai variabel independen dan Brand Image sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketika terjadi peningkatan brand ambassador sebesar satu satuan, maka brand image akan meningkat sebesar 0,317 satu satuan. Besar pengaruh brand ambassador BLACKPINK terhadap brand image adalah sebesar 23,5%, sisanya sebesar 76,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Brand, Brand Ambassador, Brand Image

Subjek

MARKETING COMMUNICATION
 

Katalog

PENGARUH BRAND AMBASSADOR BLACKPINK TERHADAP BRAND IMAGE TOKOPEDIA PERIODE 2021
 
xiii, 100p.; il.: pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUTHFIAH NURAZHARI
Perorangan
Yuliani Rachma Putri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini