ANALISA ADOPSI PENGGUNAAN MOBILE BANKING MENGGUNAKAN MODEL MODIFIED UTAUT DI JAWA TENGAH (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK MEGA)

GHIFAR CAHYA AGUNG

Informasi Dasar

22.04.1403
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penggunaan internet semakin meningkat setiap tahunnya, namun berdasarkan survey, tingkat penggunaan internet dalam bidang finansial masih rendah di Jawa Tengah. Salah satu penggunaan internet di bidang finansial adalah penggunaan produk-produk m-banking. Bank Mega adalah salah satu bank penyedia layanan m-banking (M-Smile). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi adopsi penggunaaan teknologi m-banking M-Smile di Jawa Tengah. Model penelitian extended UTAUT dengan variabel moderasi Age dan Gender digunakan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penggunaan m-banking. PLS-SEM digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan dari kuesioner survey lapangan dengan jumlah sampel sebanyak 187 pengguna m-banking M-Smile di Jawa Tengah. Data dianalisis menggunakan aplikasi WarpPLS 7.0. Hasil pada penelitian ini menunjukkan jika performace expectancy dan social influence memiliki peran yang penting pada minat nasabah (behavior intention) untuk mengadopsi teknologi m-banking M-Smile di Jawa Tengah. Effort expectancy, facilitating conditions, dan trust tidak berpengaruh pada behavior intention. Didapat juga hasil bahwa age tidak bisa menjadi variabel yang memoderasi variabel dalam UTAUT dan gender memiliki efek sebagai variabel moderasi pada pengaruh social influence terhadap behavioral intention.

Subjek

MANAGEMENT MARKETING
BANKING,

Katalog

ANALISA ADOPSI PENGGUNAAN MOBILE BANKING MENGGUNAKAN MODEL MODIFIED UTAUT DI JAWA TENGAH (STUDI KASUS PADA NASABAH BANK MEGA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GHIFAR CAHYA AGUNG
Perorangan
REFI RIFALDI WINDYA GIRI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini