FORMULASI RENCANA STRATEGIS BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI PADA KEDAI KOPI CEESKUH BANDUNG)

FADHILAH MIFTAHURAHMAN

Informasi Dasar

104 kali
22.04.1406
658
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini berjudul Formulasi Rencana Strategis Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Pada Kedai Kopi Ceeskuh Bandung). Semakin bermunculannya kedai kopi baru di Kota Bandung, menjadikan kedai kopi yang sudah terlebih dahulu berdiri membutuhkan strategi dalam menghadapi persaingan. Oleh karena itu dibutuhkan formulasi strategi yang tepat sehingga dapat menjadikan kedai kopi tersebut terus tumbuh dan dapat memenangkan persaingan dengan kompetitornya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui lingkungan eksternal, lingkungan internal, dan juga strategi yang sesuai bagi Kedai Kopi Ceeskuh dalam menghadapi persaingan. Tahapan pada penelitian ini meliputi input stage, matching stage, dan decision stage. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan melalui proses wawancara dengan narasumber yang berasal dari lingkungan eksternal berjumlah 6 orang dan juga internal dari Kedai Kopi Ceeskuh berjumlah 2 orang. Hasil penelitian yang didapatkan pada tahap Input Stage dengan menggunakan matriks EFE yaitu 3,077 dan dengan menggunakan matriks IFE yaitu 3,166. Selanjutnya pada tahap Matching Stage dengan menggunakan matriks IE, diketahui bahwa posisi Kedai Kopi Ceeskuh berada pada kuadran I yaitu Grow and Build. Strategi yang direkomendasikan yaitu market penetration, market development, dan product development. Selanjutnya pada matriks SWOT, didapatkan empat alternatif strategi, yaitu (1) membuka cabang baru untuk menjangkau pemasaran yang lebih luas dan meningkatkan kelebihan yang sudah dimiliki, (2) melakukan kerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan bisnis agar dapat bersaing dengan kompetitor, (3) meningkatkan promosi produk yang dijual dengan menggunakan sosial media untuk meningkatkan pendapatan, dan (4) menambah produk dengan mengikuti perubahan tren yang ada untuk meningkatkan pendapatan dan dapat bersaing dengan kompetitor. Lalu pada tahap terakhir yaitu Decision Stage dengan menggunakan matriks QSPM, didapatkan hasil bahwa alternatif strategi yang menjadi rekomendasi utama bagi Kedai Kopi Ceeskuh adalah strategi pertama dengan total skor sebesar 5,669. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan strategi bagi Kedai Kopi Ceeskuh dan juga bagi usaha sejenis untuk dapat meningkatkan posisi saingnya pada sebuah industri.

Subjek

BUSINESS STRATEGY
STRATEGI BISNIS,

Katalog

FORMULASI RENCANA STRATEGIS BAGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (STUDI PADA KEDAI KOPI CEESKUH BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FADHILAH MIFTAHURAHMAN
Perorangan
FAJAR SIDIQ ADI PRABOWO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini