ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan logo baru terhadap citra perusahaan (studi survei penggunaan logo baru AJB Bumiputera 1912 dikalangan nasabah kantor cabang Dalem Kaum Bandung).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian adalah nasabah AJB Bumiputera kantor cabang Dalem Kaum. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan accidental sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 385 nasabah kantor cabang dalem kaum periode mei 2012. Selanjutnya data akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan identitas logo baru berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan dikalangan nasabah dengan persamaan Y = 19,226+ 0,733X . Berdasarkan hasil pengolahan data, didapatkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.817 yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat atau tinggi antarvariabel, sedangkan besarnya kontribusi pengaruh perubahan identitas logo terhadap citra perusahaan sebesar 67%, sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : citra perusahaan, Identitas, Logo
ABSTRACT
This Research aims to knowing how far the change new logo influence to the corporate image (survey of uses the new logo among the customers of AJB Bumiputera 1912 Dalem Kaum, Bandung branch).
The approach of the research using quantitative method. The population used in the research is the clients of AJB Bumiputera in the Dalem Kaum branches. Using non-probability sampling technique with accidental sampling approach, This Research used a questionnaire given to 385 clients of AJB Bumiputera 1912 Dalem Kaum branch office on May 2012. Hereafter The data will be analyzed using quantitative descriptive statistic.
The results showed that the new logo identity change has a positive and significant impact on the company's image among customers with the equation Y = 19,226+ 0,733X. Based on the results of data processing, obtained the value of the correlation coefficient (R) for 0.817 show that there is a strong or higher correlation between the variables, while the contribution of the effect of changing the new logo identity on corporate image is 66.7%, the remaining 33% is influenced by other variables were not studied.
Keywords: corporate image, Identity, Logo