PENGUKURAN LAJU PERNAPASAN MENGGUNAKAN SENSOR ACCELEROMETER PADA SMARTPHONE ANDROID(MEASUREMENT RESPIRATION RATE USING ACCELEROMETER SENSOR ON ANDROID SMARTPHONE)

FIRZA FADHILA

Informasi Dasar

22.04.1433
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laju pernapasan merupakan salah satu tanda vital yang digunakan untuk menentukan tingkat kesehatan seseorang. Pada saat ini telah dilakukannya beberapa penelitian mengenai pengukuran laju pernapasan dengan menggunakan sensor accelerometer eksternal dengan beberapa metode seperti Empirical Mode Decomposition (EMD) dan Jerk Signal dengan menempatkan sensor pada permukaan dada. Pada tugas akhir ini dilakukan pengembangan pengukuran laju pernapasan dengan menggunakan sensor accelerometer yang ada pada smartphone Android dengan dilakukan pengukuran laju pernapasan pada 3 bagian diafragma, yaitu bagian kanan, tengah dan bagian kiri. Untuk pengambilan data laju pernapasan menggunakan metode Seismocardigraphy (SCG) dengan frekuensi pengukuran up to 200 Hz lalu diolah dengan menggunakan metode Empirical Mode Decomposition (EMD). Hasil akhir yang didapatkan dari tugas akhir ini yaitu pengukuran data laju pernapasan menggunakan metode Seismocardiography dan peak detection pada sinyal Seismocardiography yang telah dilakukan denoising sinyal menggunakan metode Empirical Mode Decomposition pada software Matlab. Pengambilan data dilakukan menggunakan sensor accelerometer pada smartphone Android Samsung A20S dengan frekuensi pengukuran up to 200 Hz sehingga mendapatkan hasil akurasi sebesar 99.40% pada posisi penempatan di diafragma.

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING
 

Katalog

PENGUKURAN LAJU PERNAPASAN MENGGUNAKAN SENSOR ACCELEROMETER PADA SMARTPHONE ANDROID(MEASUREMENT RESPIRATION RATE USING ACCELEROMETER SENSOR ON ANDROID SMARTPHONE)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRZA FADHILA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini