PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, INFLASI DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2020)

RAJEB ALKADRIE

Informasi Dasar

22.04.1437
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keuntungan merupakan tujuan dari perusahaan menjalankan suatu aktivitas bisnis. Tujuan ini merupakan akumulasi dari sejumlah kebijakan yang diterapkan dalam aktivitas operasional perusahaan selama waktu tertentu. Perusahaan yang berhasil ditandai dengan capaian tingkat profitabilitas yang baik. Salah satu dampak yang akan ditimbulkan oleh perusahaan yang profit adalah perusahaan memiliki kekuatan informasi keuangan yang dapat bersaing. Pihak luar memiliki tanda atau sinyal dalam menentukan pilihan investasinya berdasarkan profitabilitas yang dicapai perusahaan. Dalam penelitian ini, fenomena ditelusuri dengan metode studi kasus. Beberapa perusahaan menunjukkan tingkat profitabilitas yang memengaruhi industri secara keseluruhan. Profitabilitas menjadi sebuah sinyal yang berharga bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan pihak luar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja lingkungan, inflasi, pertumbuhan penjualan dan profitabilitas perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan, inflasi dan pertumbuhan penjualan terhadap profitabilitas. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif, yakni menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan. Variabel penelitian dan alat ukur masing-masing terdiri dari kinerja lingkungan menggunakan peringkat PROPER, inflasi menggunakan Indeks Harga Konsumen, pertumbuhan penjualan menggunakan rasio pertumbuhan penjualan dan profitabilitas menggunakan ROA. Data diolah menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel perusahaan yang terpilih sebanyak 20 perusahaan dari total 77 populasi perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2015 hingga tahun 2020. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kinerja lingkungan, inflasi dan pertumbuhan penjualan secara simultan berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan. Adapun hasil penelitian lainnya adalah kinerja lingkungan secara parsial berpengaruh positif terhadap profitabilitas, inflasi berpengaruh negatif terhadap profitabilitas dan pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Kata Kunci: Inflasi, Kinerja Lingkungan, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
PROFITABILITY,

Katalog

PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, INFLASI DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP PROFITABILITAS (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2020)
 
xi, 145 p.; il.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAJEB ALKADRIE
Perorangan
Khairunnisa
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 AKUNTANSI
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ACH2B3 - AKUNTANSI MANAJEMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini