STRATEGI PEMBENTUKAN CITY BRANDING DALAM MEWUJUDKAN POSITIONING SMART CITY (Studi Kasus Kabupaten Sumedang Dalam Mewujudkan Sumedang Smart City Oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang)

RAINA AIFHA SALSHABILLA

Informasi Dasar

67 kali
22.04.1466
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Smart city merupakan sebuah konsep pembangunan kota cerdas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dirancang untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cepat dan mudah. Sumedang merupakan Kabupaten yang tengah fokus dalam melakukan transformasi digital untuk mewujudkan positioning kotanya sebagai smart city. Konsep smart city mengantarkan Sumedang dalam meraih penghargaan peringkat pertama se-Indonesia pada Sistem Pemerintahan Berbasis Online. Penelitian ini fokus pada bagaimana strategi pembentukan city branding dalam mewujudkan positioning Sumedang smart city yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persadian dan Statistik Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga tahap strategi yakni tahap perencanaan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, dilakukan serangkaian aktivitas dan program untuk mewujudkan Sumedang smart city. Pada tahap impelemtasi, menyampaikan konsep city branding kepada masyarakat melalui slogan “Sumedang Happy Digital Region”. Pada tahap evaluasi, melakukan survey kepuasan masyarakat terhadap program-program yang dilakukan, yang kemudian ditindak jika terdapat kesalahan setelah strategi diimplementasikan. Peneliti menyimpulkan bahwa Dinas Komunikasi Informatika Persadian dan Statistik Kabupaten Sumedang berhasil dalam membentuk city branding Sumedang dalam mewujudkan positioning sebagai smart city.

Subjek

BRANDING
COMMUNICATION IN MARKETING,

Katalog

STRATEGI PEMBENTUKAN CITY BRANDING DALAM MEWUJUDKAN POSITIONING SMART CITY (Studi Kasus Kabupaten Sumedang Dalam Mewujudkan Sumedang Smart City Oleh Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Sumedang)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAINA AIFHA SALSHABILLA
Perorangan
ITCA ISTIA WAHYUNI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini