Smart city merupakan sebuah konsep pembangunan kota cerdas dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang dirancang untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cepat dan mudah. Sumedang merupakan Kabupaten yang tengah fokus dalam melakukan transformasi digital untuk mewujudkan positioning kotanya sebagai smart city. Konsep smart city mengantarkan Sumedang dalam meraih penghargaan peringkat pertama se-Indonesia pada Sistem Pemerintahan Berbasis Online. Penelitian ini fokus pada bagaimana strategi pembentukan city branding dalam mewujudkan positioning Sumedang smart city yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi Informatika Persadian dan Statistik Kabupaten Sumedang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dengan paradigma konstruktivis dan teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tiga tahap strategi yakni tahap perencanaan, implementasi dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, dilakukan serangkaian aktivitas dan program untuk mewujudkan Sumedang smart city. Pada tahap impelemtasi, menyampaikan konsep city branding kepada masyarakat melalui slogan “Sumedang Happy Digital Region”. Pada tahap evaluasi, melakukan survey kepuasan masyarakat terhadap program-program yang dilakukan, yang kemudian ditindak jika terdapat kesalahan setelah strategi diimplementasikan. Peneliti menyimpulkan bahwa Dinas Komunikasi Informatika Persadian dan Statistik Kabupaten Sumedang berhasil dalam membentuk city branding Sumedang dalam mewujudkan positioning sebagai smart city.