PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI (STUDI KASUS DI PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MINYAK DAN GAS BUMI (PPPTMGB) “LEMIGAS”)

ANISA KUSUMANING TYAS

Informasi Dasar

22.04.1487
362.106 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS” merupakan badan layanan umum dibawah Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya dan Mineral) mempunyai layanan untuk jasa dan survey dibidang minyak dan gas, jasa analisis laboratorium, jasa sewa gedung, serta jasa eksplorasi.  Produktivitas pegawai masih terbilang fluktuaktif pada 2018-2020.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui disiplin kerja Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”, produktivitas pegawai Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS” dan seberapa besar pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas pegawai Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS”. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan tujuan penelitian deskriptif, menggunakan analisis regresi sederhana dengan variabel bebas disiplin kerja dan variabel terikat produktivitas pegawai. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 199 orang. Dalam memperoleh data, penulis menyebarkan kuesioner kepada 199 orang. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS versi 22. 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa disiplin kerja pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi “LEMIGAS” memperoleh nilai sebesar 68,73% dan produktivitas pegawai sebesar 67,43%. Disiplin kerja dan produktivitas pegawai pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi termasuk dalam kategori tinggi. Disiplin kerja pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Minyak dan Gas Bumi mempunyai pengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai.

 Instansi apabila terdapat salah satu pegawai yang tidak dapat memenuhi target pekerjaan yang telah diberikan oleh instansi, maka kolega kerja atau atasan pegawai tersebut dapat membantu pekerjaan pegawai tersebut yang dianggap sulit sehingga target pekerjaan dapat tercapai. Sebaiknya instansi memberikan fasilitas untuk para pegawai mengikuti pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan bidang dalam pekerjaan baik dari internal instansi maupun eksternal instansi.

Kata kunci : Sumber Daya Manusia, Disiplin Kerja,  Produktivitas Pegawai. 

 

Subjek

Human resouces management
 

Katalog

PENGARUH DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI (STUDI KASUS DI PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI MINYAK DAN GAS BUMI (PPPTMGB) “LEMIGAS”)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANISA KUSUMANING TYAS
Perorangan
Puspita Wulansari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI331044 - HUMAN RESOURCE MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini