PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK WILAYAH 16 PAPUA

INDAH DIAH PRATIWI

Informasi Dasar

22.04.1493
332.041 5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada era globalisasi saat ini, perusahaan sangat membutuhkan sumber daya manusia di berbagai bidang, mulai dari perencanaan strategis hingga untuk membangun citra perusahaan. Apabila perusahaan kurang memperhatikan pemeliharaan karyawan maka semangat kerja, sikap serta loyalitas karyawan akan menurun. Hal tersebut dapat memicu karyawan untuk meninggalkan perusahaan atau meningkatkan turnover intention. Turnover intention adalah permasalahan nyata yang dihadapi oleh perusahaan saat ini.  Turnover intention dapat disebabkan oleh kondisi kerja yang tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh karyawan, dengan begitu dapat menyebabkan tingkat komitmen terhadap organisasi dan kepuasan kerja karyawan menurun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja, komitmen organisasi dan turnover intention pada organisasi, serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitnen organisasi terhadap turnover intention pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah 16 Papua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode kuantitatif dan tujuan dari penelitian ini bersifat deskritif dan kausal. Selain itu, metode pengumpulan data diperoleh melalui kuisioner yang disebar terhadap 212 responden. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan dan komitmen organisasi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap turnover intention karyawan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Wilayah 16 Papua. Nilai koefisien determinan yang diperolah (R2) sebesar 0.388 atau 38.8%, yang menjelaskan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasi terbukti memiliki pengaruh sebesar 38.8% terhadap turnover intention dan sisanya 69.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasi, Turnover Intention

Subjek

HUMAN CAPITAL
 

Katalog

PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO) TBK WILAYAH 16 PAPUA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDAH DIAH PRATIWI
Perorangan
Puspita Wulansari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI331044 - HUMAN RESOURCE MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini