Analisis Pengaruh Profitabilitas Terhadap Return Saham Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2020

PRIMADIKA NUGRAHA

Informasi Dasar

22.04.1498
332.106 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari rasio profitabilitas terhadap return saham perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020. Aspek-aspek yang diteliti yaitu Return On Asset, Return On Equity, dan Net Profit Margin. ROA digunakan untuk mengetahui seberapa efisien perusahaan dalam mengelola aset. ROE digunakan untuk mengetahui seberapa efisien perusahaan dalam menghasilkan laba dari ekuitas. NPM digunakan untuk mengetahui seberapa menguntungkan perusahaan setelah biaya setelah bunga dan pajak diperhitungkan.

 Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan kausal. Data yang digunakan berasal dari website idx.co.id dengan melihat annual report sub sektor perbankan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh sampel 31 perusahaan. Waktu pelaksanaan dilaksanakan secara Cross-sectional. Teknik analisis yang dilakukan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh variabel secara parsial dan uji- f untuk menguji variabel secara simultan terhadap return saham dengan level of significance 5%. Selain itu dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi.

Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa dari ketiga variabel bebas yang digunakan, tidak ada variabel bebas yang berpengaruh signifikan secara parsial. Sedangkan secara simultan, variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap return saham. Variabel ROA, ROE, dan NPM memberikan informasi mengenai pengaruhnya terhadap return saham sebesar 6,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi bagi investor sebelum melakukan investasi khususnya pada saham perbankan dengan tidak hanya melihat kondisi perusahaan melalui rasio keuangan, khususnya melalui rasio ROA, ROE, dan NPM tapi dengan rasio lain sebagai penentu investasi.

 

Kata kunci: Profitabilitas, Return on Asset, Return on Equity, Net Profit Margin, Return saham.

Subjek

PERBANKAN
 

Katalog

Analisis Pengaruh Profitabilitas Terhadap Return Saham Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2020
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PRIMADIKA NUGRAHA
Perorangan
Aldilla Iradianty
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 MBTI
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • BM62H3 - ANALISIS INVESTASI DAN PORTOFOLIO

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini