Profil konsumen adalah karakteristik atau variabel yang dapat menggambarkan konsumen yang menjadi segmentasi pasar. Dengan mengetahui profil konsumen maka, perusahaan mampu untuk menciptakan strategi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Pemahaman profil konsumen juga dapat membantu perusahaan dalam menentukan segmentasi pasar yang akan dilayani, dan juga dapat membantu perusahaan dalam membuat nilai proposisi menyesuaikan dengan karakteristik konsumen, apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen mereka. Terdapat beberapa tools yang dapat membantu dalam memahami profil konsumen, dan salah satunya adalah peta empati.
Peta empati dapat digunakan sebagai tools dalam menganalisa profil konsumen, karena peta empati membantu dalam memahami konsumen dari segi internal, dengan memahami melalui panca indera mereka, maka dapat diketahui kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Dalam framework peta empati terdapat enam elemen yang menjadi acuan dalam memperoleh informasi yaitu, see, hear, think and feel, say and do, , pain, dan gain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu Hyasrumah dalam memahami profil konsumen mereka menggunakan bantuan tools peta empati.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada narasumber yang menjadi informan kunci pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa profil konsumen dari Hyasrumah yakni mahasiswa Telkom University yang aktif dalam menggunakan media sosial serta memiliki ketertarikan terhadap jasa desain interior dengan harga terjangkau dan kualitas baik yang dinilai dari portofolio hasil desain, review konsumen, serta garansi yang diberikan.
Kata kunci: profil konsumen, peta empati, desain interior