Pengaruh Digital Literacy dan Locus of Control terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom

AULIA DWI NANDA

Informasi Dasar

172 kali
22.04.1532
658.421
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peran sekolah tinggi atau universitas sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan wirausahawan baru. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki visi menjadi research and entrepreneurial university yaitu Universitas Telkom. Dengan cara menjadikan Kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib di dalam program perkuliahan dasar dan umum yang diterapkan dalam semua jurusan. Salah satunya pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Harapannya dapat menumbuhkan rasa minat berwirausaha pada mahasiswa, terkhusus mahasiswa tingkat akhir yang merupakan calon entrepreneur-entrepreneur baru. Untuk memunculkan minat berwirausaha tersebut dapat dilihat dari sejauh mana pengetahuan mahasiswa mengenai kecakapan informasi yang diperoleh yaitu digital literacy dan keyakinan serta kerja keras mahasiswa atau biasa disebut dengan locus of control. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar tingkat minat berwirausaha, digital literacy, dan locus of control serta mengetahui pengaruh digital literacy dan locus of control terhadap minat berwirausaha secara parsial maupun simultan pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data yaitu diperoleh dari menyebarkan kuesioner kepada 296 responden. Responden yang terlibat adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom. Kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 37 pernyataan dengan skala likert lima titik. Metode sampling yang digunakan adalah nonprobability dengan teknik purposive sampling. Dalam menjelaskan hasil penelitian, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, regresi linear berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f) dan koefisien determinasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa digital literacy berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha dan locus of control berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha. Hasil tersebut terbukti dengan hipotesis yang menolak H0. Berdasarkan uji f diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan digital literacy dan locus of control terhadap minat berwirausaha. Koefisien determinasi yang diperoleh dengan nilai R Squere sebesar 44,9% artinya digital literacy dan locus of control memiliki pengaruh terhadap minat berwirausaha sebesar 44,9%.

Subjek

ENTREPRENEURSHIP
 

Katalog

Pengaruh Digital Literacy dan Locus of Control terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AULIA DWI NANDA
Perorangan
Kiki Sudiana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini