Investasi saham mencapai titik keuntungan maksimal ketika dilakukannya pengamatan yang baik. Banyaknya variabel penentu harga saham membuat para calon investor kesulitan dalam mengidentifikasi saham mana yang tepat dipilih untuk berinvestasi. Sehingga diperlukan reduksi variabel agar dapat membentuk suatu komponen utama tanpa menghilangkan informasi yang ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel apa saja yang menjadi pembentuk faktor utama dalam penentuan harga saham pada perusahaan berkode emiten CPIN, HMSP, GGRM, JPFA, UNVR, INDF, dan ICBP dengan menggunakan Volume, Market Capitalizaion, Current Ratio, Quick Ratio, Debt to Equity Ratio, Debt to Asset Ratio, Total Asset Turnover, Inventory Turnover, Account Receiveables Turnover, Net Profit Margin, Operating Profit Margin, Book Value per Share, Return on Assets, Return on Equity, Earning per Share, Revenue Growth Rate, Earning per Share Growth Rate, dan Net Income Growth Rate sebagai variabel bebas dan harga saham sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan metode Principal Component Analysis untuk membentuk komponen baru penentu harga saham yang disebut dengan principal component. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kinerja keuangan laporan keuangan masing-masing perusahaan secara triwulanan periode 2016-2020 di sektor Consumer Non-Cyclicals yang terindeks LQ45. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama penentu harga saham perusahaan berkode emiten CPIN, yaitu membentuk 3 komponen, faktor utama penentu harga saham perusahaan berkode emiten HMSP, yaitu membentuk 5 komponen, faktor utama penentu harga saham perusahaan berkode emiten GGRM, yaitu membentuk 5 komponen, faktor utama penentu harga saham perusahaan berkode emiten JPFA, yaitu membentuk 5 komponen, faktor utama penentu harga saham perusahaan berkode emiten UNVR, yaitu membentuk 5 komponen, faktor utama penentu harga saham perusahaan berkode emiten INDF, yaitu yaitu membentuk 5 komponen, faktor utama penentu harga saham perusahaan berkode emiten ICBP, yaitu membentuk 4 komponen. Kata Kunci: Investasi, Harga Saham, Principal Component Analysis, Sektor Consumer Non-Cyclicals