ANALISIS KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN SENTIMENT ANALYSIS (STUDI KASUS PADA TOKOPEDIA DAN SHOPEE)

TRIYULIA ANNISA

Informasi Dasar

22.04.1551
006.312
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan yang semakin pesat membuat berbagai aktivitas mudah untuk dilakukan seperti halnya bertransaksi, dimana tempat untuk transaksi secara online disebut e-commerce. Tokopedia dan Shopee termasuk e-commerce yang mendominasi pasar di Indonesia beberapa tahun belakangan ini dengan menjadi peringkat teratas top e-commerce berdasarkan tingkat kunjungan website yang tinggi. Pada Q4 tahun 2020 hingga Q2 tahun 2021 terdapat perubahan pada peringkat 1 dan 2 top e-commerce tersebut. Persaingan yang cukup kompetitif membuat perusahaan harus dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satu bentuk membangun model kepercayaan pelanggan terdapat faktor yang harus diperhatikan salah satunya yaitu kualitas website. Oleh karena itu, website Tokopedia dan Shopee membutuhkan analisis untuk kualitas website berdasarkan sudut pandang pengguna apakah website sudah memenuhi keinginan dan memuaskan atau belum. Kualitas website yang baik dengan memberikan informasi yang sesuai akan membuat pelanggan merasa puas untuk melakukan transaksi ulang di website tersebut. Maka dari itu, perusahaan dapat mempertahankan dan memberikan kualitas website yang baik guna menciptakan kepuasan pelanggan hingga menciptakan loyalitas pelanggan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sentimen ataupun feedback yang diberikan pengguna terkait kualitas website Tokopedia dan Shopee yang berdasarkan pada dimensi webqual yaitu Usability, Interaction Quality dan Information Quality yang didapatkan dari User Generated Content (UGC) dalam bentuk tweet dan ulasan pada Google Play Store. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini yaitu text mining untuk mengetahui ulasan ataupun sentimen yang disampaikan pengguna terkait kualitas website Tokopedia dan Shopee serta mengetahui topik dominan apa yang dibicarakan terkait kualitas website Tokopedia dan Shopee berdasarkan dimensi webqual. Data yang didapatkan akan diklasifikasikan berdasarkan dimensi webqual menggunakan algoritma Naïve Bayes dan untuk menampilkan kata dominan yang muncul digunakannya word cloud. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan sentiment analysis dan word cloud menunjukkan bahwa kualitas website dari Tokopedia dan Shopee didominasi oleh sentimen positif yang menurut data dari pengguna pada media sosial Twitter dan ulasan Google Play Store secara keseluruhan sudah baik, akan tetapi masih membutuhkan peningkatan sehingga, kualitas bisa lebih maksimal seperti Usability atau kemudahan penggunaan website dan Information Quality atau kualitas informasi website yang disampaikan masih kurang baik. Kata Kunci : analisis sentimen, e-commerce, kualitas website, word cloud.

Subjek

Data mining-clustering analysis
 

Katalog

ANALISIS KUALITAS WEBSITE E-COMMERCE MENGGUNAKAN SENTIMENT ANALYSIS (STUDI KASUS PADA TOKOPEDIA DAN SHOPEE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRIYULIA ANNISA
Perorangan
Krishna Kusumahadi, Eva Nurhazizah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini