ABSTRAK
Industri surat kabar kini telah memasuki tantangan baru semenjak media baru hadir dalam dunia perkembangan teknologi komunikasi dan informasi. Pemanfaatan jejaring media online oleh surat kabar Pikiran Rakyat dijadikan upaya untuk melakukan konvergensi di era digital. Dimana yang pada awalnya Pikiran Rakyat hanya berfokus pada penyebaran informasi berita melalui surat kabar cetak saja. Penelitian ini bertujuan untung mengetahui bagaimana adaptasi surat kabar Pikiran Rakyat terhadap kehadiran media online. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara serta observasi. Penelitian kualitatif bertujuan untuk memaparkan secara mendalam mengenai bagaimana pemanfaatan jejaring media online oleh Pikiran Rakyat sebagai upaya melakukan konvergensi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pikiran Rakyat melakukan konvergensi dengan menggunakan konvergensi menurut Dailey, Demo, dan Spillman diantaranya yaitu, konvergensi secara cross promotion, cloning dan content sharing. Dari ketiga konvergensi yang dilakukan Pikiran Rakyat tersebut merupakan upaya untuk tetap mempertahankan eksistensi surat kabar di era digital seperti sekarang ini. Selanjutnya upaya konvergensi tersebut masih perlu memanfaatkan media digital sebaik-baiknya agar dapat terkonvergensi dengan baik.
Kata kunci: konvergensi, media online, pikiran rakyat, surat kabar