PERANCANGAN BISNIS DAN KELAYAKAN PADA TOKO THE CURECUPCAKE DI KOTA PALEMBANG

JASMINE DEVINA FANY ATMAJA

Informasi Dasar

22.04.1599
658.401
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

The Curecupcake adalah toko kue yang berdiri sejak tahun 2021 yang beralamat di Jalan Seruni Komplek Villa Mitra Blok B nomor 1 Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. The Curecupcake adalah toko kue yang menyediakan kue mangkuk atau cupcake maupun kue tart dengan hiasan kue yang bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan pelanggan. Pemilik usaha The Curecupcake mulai beroperasi pada tahun 2021 berencana untuk memfokuskan usahanya agar bisa beroperasi dengan baik di masa yang akan datang. Berdasarkan data penjualan pada Bulan Mei sampai Juli 2021, penjualan The Curecupcake pada Bulan Mei ke Bulan Juni mengalami penurunan sebesar Rp 1.654.000 dan mengalami peningkatan dari Bulan Juni ke Bulan Juli sebesar Rp 1.182.000. Berdasarkan dinamika penjualan The Curecupcake pada Bulan Mei sampai Juli yang masih naik turun, membuat The Curecupcake ingin mengembangkan usahanya sehingga usaha dapat berjalan dengan lancar kedepannya serta meningkatkan penjualannya. Berdasarkan permasalahan tersebut perumusan masalah yang diuraikan yaitu bagaimana besarnya permintaan pasar dan strategi pemasaran produk pada bisnis The Curecupcake di Kota Palembang, bagaimana rancangan aspek teknis dan operasional pada bisnis The Curecupcake di Kota Palembang, bagaimana aspek finansial, tingkat sensitivitas serta risiko pada bisnis The Curecupcake di Kota Palembang dan bagaimana perancangan terintegrasi pada bisnis The Curecupcake di Kota Palembang.

Berdasarkan kondisi yang ada pada The Curecupcake dibutuhkan perhitungan tingkat lanjut berupa perancangan bisnis dan kelayakan untuk mengetahui prospek masa depan bisnis The Curecupcake yang masih di tahap awal perintisan usaha.  Perancangan bisnis dan kelayakan yang akan dilakukan untuk bisnis The Curecupcake dirancang dari aspek pasar, teknis dan keuangan.

Berdasarkan hasil perancangan yang telah dilakukan, hasil rancangan diperoleh dari hasil perancangan aspek teknis yang mana isi rancangannya merupakan sistem terintegrasi mulai dari aspek manusia berupa tenaga kerja, material berupa bahan baku, fasilitas dan mesin peralatan serta informasi mengenai usaha The Curecupcake. Hasil rancangan dari aspek manusia yaitu berupa peracangan kebutuhan jumlah tenaga kerja The Curecupcake yaitu total memiliki 6 orang karyawan pada tahun 2022 – 2026. Hasil rancangan aspek material yaitu berupa bahan baku untuk pembuatan produk dengan bahan baku seperti telur, tepung terigu, gula, mentega, SP, oreo, krim dan fondant. Hasil rancangan aspek fasilitas berupa perancangan pada peralatan operasional seperti 2 buah oven, 1 kulkas showcase dan 2 buah mixer. Hasil rancangan aspek fasilitas juga berupa hasil perhitungan kebutuhan luas lantai serta layout untuk toko The Curecupcake. Hasil rancangan aspek informasi penjualan mengenai lokasi toko The Curecupcake.

Berdasarkan perancangan kelayakan usaha yang dilakukan, rancangan untuk perancangan bisnis dan kelayakan toko The Curecupcake memiliki NPV sebesar Rp 86.421.613, IRR sebesar 29,92% serta PBP adalah 3,5 tahun sehingga dapat dinyatakan usaha layak dijalankan. Penentuan sensitivitas dilakukan terhadap peracangan kelayakan usaha dengan hasil rancangan sensitif terhadap kenaikan biaya produksi sebesar 11%, sensitif terhadap biaya tenaga kerja sebesar 8%, sensitif terhadap penurunan harga jual sebesar 5%, sensitif terhadap penurunan demand sebesar 10,50%. Penentuan risiko juga dilakukan pada perancangan kelayakan usaha yang mana total risiko adalah sebesar 7,04%. Persentase total risiko tersebut ditambah dengan MARR untuk perbandingan dengan IRR. Nilai MARR adalah 13,33% ditambah dengan total risiko sehingga MARR dengan risiko menjadi 20,37%. Berdasarkan hasil perhitungan, IRR yang diperoleh adalah 29,91% yang mana lebih besar dari MARR dengan risiko. Nilai NPV sebesar Rp 42.929.085 dan PBP sebesar 4 tahun sehingga dapat dinyatakan usaha The Curecupcake layak untuk dijalankan.

Hasil perancangan bisnis dan kelayakan toko The Cureceupcake yang dirancang dari aspek pasar, teknis dan finansial diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan pemilik usaha The Curecupcake untuk dapat mengembangkan toko yang baru dibuka dengan layak kedepannya serta hasil penjualannya selalu meningkat.

Kata kunci: Perancangan kelayakan, NPV, IRR, PBP, Sensitivitas

Subjek

BUSINESS PLANNING
 

Katalog

PERANCANGAN BISNIS DAN KELAYAKAN PADA TOKO THE CURECUPCAKE DI KOTA PALEMBANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JASMINE DEVINA FANY ATMAJA
Perorangan
Endang Chumaidiyah, Sinta Aryani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • IEG4A3 - ANALISIS KELAYAKAN
  • IEH3I3 - ANALISIS KELAYAKAN USAHA
  • IE4424 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini