Adanya perkembangan zaman dan teknologi, mencari peluang bisnis maupun peluang lainnya sangat dipermudah karena dengan adanya media sosial, dimana para penggunanya sangat lah bervariasi. Ada yang menggunakan media sosial untuk mengerjakan tugas sekolah, ada juga karena takut ketinggalan dengan pergaulan sekitar maupun ada yang memanfaatkan media sosial ini sebagai kegiatan yang produktif salah satunya selebriti Instagram atau selebgram, Instagram adalah media sosial yang memiliki kemudahan dalam mempromosikan produk maupun mempromosikan diri sendiri dengan banyak tools. Salah satu selebgram yang menggunakan media sosial Instagram untuk mempromosikan produk dan lainnya yaitu Arief Muhammad. Arief Muhammad merupakan salah satu selebgram yang mempunyai personal branding yang kuat, dimana ia kerap menjalin hubungan dan komunikasi dengan audiens. Dalam pembentukan personal branding tersebut Arief Muhammad membutuhkan waktu untuk membangun personal branding dia di Instagram. Dalam pembentukan personal branding content creator atau selebgram membutuhkan cerita yang bisa diterima oleh audiens nya agar pesan tersampaikan, transmedia storytelling salah satu konsep dalam menyampaikan suatu cerita dengan menggunakan media. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah adanya penerapan transmedia storytelling dan penerapan transmedia storytelling apa yang dilakukan Arief Muhammad dalam membangun personal branding di Instagram. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode etnografi digital dan pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti dengan observasi dan wawancara dengan informan. Berdasarkan hasil penelitian, ada penerapan transmedia storytelling yang dilakukan Arief Muhammad dalam personal branding nya, dan untuk tahapan proses transmedia storytelling Arief Muhammad sudah di tahap fanon.