Warung Kopi Nikung adalah UMKM yang didirikan oleh 3 orang pemuda Bernama Muhammad Jacka Aulia, Nuzul Avi Darmawan dan Ragil Bagus Pratomo. Warung Kopi Nikung didirikan ditengah pandemi covid-19. Mendirikan sebuah usaha Bersama yang berangkat dari komunitas tentu saja membuat komunikasi interpersonal menjadi sangat penting untuk mempertahankan serta mengembangkan usaha tersebut. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang terjadi antar founder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi pada empat informan yaitu, 3 informan utama dan 1 informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para founder melakukan komunikasi interpersonal bedasarkan 4 ciri-ciri komunikasi interpersonal yaitu mengenal secara dekat, saling memerlukan, pola hubungan antar pribadi yang ditunjukkan dengan adanya sikap terbuka dan kerjasama. Selain itu, para founder juga melibatkan perasaan ketika melakukan komunikasi interpersonal.
Kata Kunci: komunikasi interpersonal, founder, ciri-ciri komunikasi interpersonal
ABSTRACT
Nikung Coffee Shop is an SME that was founded by 3 young men named Muhammad Jacka Aulia, Nuzul Avi Darmawan and Ragil Bagus Pratomo. The Nikung Coffee Shop was established in the midst of the COVID-19 pandemic. Establishing a joint business that departs from the community, of course, makes interpersonal communication very important to maintain and develop the business. The paradigm used in this study is a descriptive qualitative approach. The focus of this research is interpersonal communication that occurs between founders. Data collection techniques used were interviews and observations on four informants, namely, 3 main informants and 1 key informant. The results of this study indicate that the founders carry out interpersonal communication based on 4 characteristics of interpersonal communication, namely knowing closely, needing each other, patterns of interpersonal relationships which are shown by an attitude of openness and cooperation. In addition, the founders also involve feelings when doing interpersonal communication.
Keywords: interpersonal communication, founder, interpersonal communication characteristics