KOMUNIKASI INTERPERSONAL FOUNDER WARUNG KOPI NIKUNG

MIFTA FAUZAN

Informasi Dasar

22.04.1631
302.22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Warung Kopi Nikung adalah UMKM yang didirikan oleh 3 orang pemuda Bernama Muhammad Jacka Aulia, Nuzul Avi Darmawan dan Ragil Bagus Pratomo. Warung Kopi Nikung didirikan ditengah pandemi covid-19. Mendirikan sebuah usaha Bersama yang berangkat dari komunitas tentu saja membuat komunikasi interpersonal menjadi sangat penting untuk mempertahankan serta mengembangkan usaha tersebut. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Fokus penelitian ini adalah komunikasi interpersonal yang terjadi antar founder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi pada empat informan yaitu, 3 informan utama dan 1 informan kunci. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa para founder melakukan komunikasi interpersonal bedasarkan 4 ciri-ciri komunikasi interpersonal yaitu mengenal secara dekat, saling memerlukan, pola hubungan antar pribadi yang ditunjukkan dengan adanya sikap terbuka dan kerjasama. Selain itu, para founder juga melibatkan perasaan ketika melakukan komunikasi interpersonal.

Kata Kunci: komunikasi interpersonal, founder, ciri-ciri komunikasi interpersonal

 

ABSTRACT

Nikung Coffee Shop is an SME that was founded by 3 young men named Muhammad Jacka Aulia, Nuzul Avi Darmawan and Ragil Bagus Pratomo. The Nikung Coffee Shop was established in the midst of the COVID-19 pandemic. Establishing a joint business that departs from the community, of course, makes interpersonal communication very important to maintain and develop the business. The paradigm used in this study is a descriptive qualitative approach. The focus of this research is interpersonal communication that occurs between founders. Data collection techniques used were interviews and observations on four informants, namely, 3 main informants and 1 key informant. The results of this study indicate that the founders carry out interpersonal communication based on 4 characteristics of interpersonal communication, namely knowing closely, needing each other, patterns of interpersonal relationships which are shown by an attitude of openness and cooperation. In addition, the founders also involve feelings when doing interpersonal communication.

Keywords: interpersonal communication, founder, interpersonal communication characteristics

Subjek

COMMUNICATION-INTERPERSONAL
KINDS OF COMMUNICATION,

Katalog

KOMUNIKASI INTERPERSONAL FOUNDER WARUNG KOPI NIKUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTA FAUZAN
Perorangan
Nofha Rina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • KII1I2 - KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini