DETEKSI EMOSI BERBASIS TEKS UNTUK MENGANALISIS KULIAH DARING SELAMA MASA PANDEMI MENGGUNAKAN ALGORITME SUPPORT VECTOR MACHINE

DAMAS ADIYANTO

Informasi Dasar

22.04.1638
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin menyebar luas, banyak mahasiswa yang terpaksa harus melakukan aktivitas belajar melalui daring, kuliah daring ini memiliki berbagai macam efek pada mahasiswa, ada yang senang, sedih, takut, cinta, dan amarah, hal ini menyebabkan mahasiswa sering menunjukan emosinya melalui media sosial salah satunya Twitter.

Pada Tugas Akhir ini telah dilakukan analisis untuk mengetahui opini mahasiswa terkait sistem kuliah online dengan cara, mendeteksi emosi pada tweet terkait kuliah online dan data yang didapat menggunakan algoritma Support Vector Machine. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Shaver, emosi terdiri dari lima kelas yaitu senang, sedih, marah, takut, dan cinta. Pada tugas akhir ini dari lima kelas tersebut dibagi lagi menjadi empat kelas dan tiga kelas emosi. Empat kelas emosi terdiri dari senang, marah, takut dan cinta, sementara tiga kelas emosi terdiri dari marah, senang dan cinta. Data yang digunakan yaitu data yang didapat dengan melakukan web scrapping pada Twitter dan tweets yang diambil pada Github, setelah itu diimplementasikan kedalam website.

Hasil penelitian Tugas Akhir ini, menunjukan bahwa sistem algoritma Support Vector Machine sebagai pendeteksi emosi berbasis teks yang berkaitan dengan kuliah online, mendapatkan hasil terbaik pada pengujian tiga emosi mendapatkan hasil akurasi sebesar 81.81% pada partisi data 0.3. Sementara dengan empat emosi mendapatkan akurasi sebesar 71.86% pada partisi data 0.2. Sementara pada lima emosi mendapatkan akurasi sebesar 60.62% pada partisi data 0.3.

 

Kata Kunci: deteksi emosi, kuliah online, support vector machine, Twitter

Subjek

Machine Learning
vector analysis, ALGORITHM ANALYSIS,

Katalog

DETEKSI EMOSI BERBASIS TEKS UNTUK MENGANALISIS KULIAH DARING SELAMA MASA PANDEMI MENGGUNAKAN ALGORITME SUPPORT VECTOR MACHINE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAMAS ADIYANTO
Perorangan
Casi Setianingsih, Fussy Mentari Dirgantara
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TKI4F3 - PEMBELAJARAN MESIN
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini