Pada saat ini untuk memudahkan berbagai macam transaksi pada restoran banyak sekali jenis jenis pembayaran yang dapat mempermudah melakukan transaksi, yakni salah satu contoh mempermudah melakukan transaksi pembayaran via online dengan menerapkan metode payment gateway dengan melakukan pembayaran nontunai melalui berbagai macam jenis dompet digital seperti OVO, Gopay, Dana dan lain sebagainya. Sehingga para customer mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran, yakni dapat melalui pembayaran secara nontunai. Selain menggunakan metode payment gateway pada restoran, pelanggan akan lebih tertarik apabila dapat melihat status pemesanan makanan yang telah dipesan. Status pemesanan makanan yang dibutuhkan oleh pelanggan kurang lebih ingin mengetahui apakah makanan yang dipesan sudah dalam tahap proses pembuatan atau selesai. Maka dengan mengaplikasikan status makanan yang dapat memberikan informasi mengenai status makanan dan juga sistem pembayaran nontunai yakni payment gateway akan menjadikan proses transaksi pembayaran akan lebih mudah.