PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP REKTANGULAR UNTUK FREKUENSI 923 MHZ DENGAN SLOT PERSEGI PANJANG PADA GROUNDPLANE UNTUK APLIKASI LORA

TASYA PARAMITA NOFRIDA

Informasi Dasar

22.04.1657
621.382 54
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Dengan adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat membawa dampak yang besar bagi sistem komunikasi. Salah satu perkembangan teknologi tersebut yaitu pada teknologi Internet Of Things (IoT). Teknologi IoT membutuhkan sebuah sistem komunikasi yang dapat menghubungkan sensor node dengan pengguna. Salah satu dari sistem komunikasi tersebut yaitu sistem komunikasi berbasis LoRa. Karena sensor node tersebut berukuran kecil, maka dibutuhkan sebuah antena yang berukuran kecil sebagai salah satu alat pendukung untuk sistem komunikasi tersebut.

Pada penelitian ini mengusulkan antena yang adalah antena mikrostrip rectangular dengan celah persegi panjang pada groundplane agar mendapatkan hasil antena berdimensi kecil dan mempunyai manfaat cakupan yang besar dengan menggunakan bahan FR-4 ketebalan 3.2 mm dan teknik catuan Mikrostrip feedline. . Antena mikrostrip berperan sebagai antena pengirim dengan beberapa spesifikasi dan frekuensi yang telah ditentukan. Rentang frekuensi kerja yang digunakan adalah  920 – 923 MHz dengan karakteristik antena yang diinginkan yaitu nilai VSWR ? 2 dengan return loss  ?  -10 dB , bandwidth 20 MHz, dan memiliki gain ? 2.

Hasil perancangan antena dengan slot persegi panjang terbukti dapat mengecilkan dimensi patch antena sebesar 25.69%. Adapun hasil performa perancangan antena memperoleh nilai VSWR sebesar 1.057, return loss sebesar -31.038 dB dengan bandwidth sebesar 34.96 MHz, gain 2.550 dengan pola radiasi yang dihasilkan yaitu bidirectional. Sedangkan saat pengukuran memdapatkan nilai VSWR 1.67 dengan lebar bandwidth 32.25 MHz, VSWR 1.67 dan memperoleh nilai gain sebesar 2.051 dB dengan pola radiasi bidirectional.

Kata Kunci : Antena Mikrostrip, Slot Persegi Panjang, DGS, LoRa

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

PERANCANGAN DAN REALISASI ANTENA MIKROSTRIP REKTANGULAR UNTUK FREKUENSI 923 MHZ DENGAN SLOT PERSEGI PANJANG PADA GROUNDPLANE UNTUK APLIKASI LORA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TASYA PARAMITA NOFRIDA
Perorangan
Levy Olivia, Edwar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTI3K3 - ANTENA DAN PROPAGASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini