PERANCANGAN DAN ANALISIS ANTENA SUPERSTRATE DENGAN SUBSTRATE INTEGRATED WAVEGUIDE UNTUK TEKNOLOGI 5G (DESIGN AND ANALYSIS OF SUPERSTRATE ANTENNAS WITH SUBSTRATE INTEGRATED WAVEGUIDE FOR 5G TECHNOLOGY)

SRI AYU AMALIA

Informasi Dasar

22.04.1659
621.382 54
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

5G merupakan generasi baru yang menawarkan kapasitas transfer data yang besar. Teknologi revolusioner ini dapat menawarkan semua konektivitas dalam jaringan telekomunikasi yang diperlukan dan dapat memungkinkan arsitektur 5G yang fleksibel serta mudah diotomatisasi yang dapat diimplementasikan dalam industri 4.0. Dalam pembuatan jaringan 5G ini diperlukannya antena sebagai sistem penting dalam membangun jaringan 5G. Antena mikrostrip menjadi pilihan karena kelebihannya memiliki struktur yang low profile, ringan, mempunyai karakter fisik berukuran kecil, tipis. Penilitian ini merancang antena mikrostrip dengan bentuk patch rektangular pada frekuensi 3.5 GHz dengan penambahan metode superstrate dan substrate integrated waveguide (SIW) yang bertujuan untuk memperlebar bandwidth dan mengurangi adanya noise. Penambahan metode ini dikatakan dapat memperlebar bandwidth dengan menggunakan Teknik pencatuan microstrip line. Penelitian ini menggunakan perbandingan pada antena konvensional dengan antena yang sudah ditambahkan SIW dan superstrate, selanjutnya akan dilakukan proses fabrikasi dan pengujian untuk mendaptkan hasil spesfikasi yang diinginkan.

Dilakukan perancangan antena mikrostrip dengan bentuk patch rectangular yang pada bagian patch hingga groundplane diberi vias dan untuk superstrate diberi material FR -4 dengan konstanta dielektrik 4,3 dan ketebalan subsrat 1,6 mm. Dari hasil penelitian dilakukan perbandingan hasil simulasi dengan hasil pengukuran. Hasil simulasi didapat bahwa nilai VSWR yaitu 1,78 dan gain sebesar -4,6 dBi, dengan hasil return loss sebesar -11,05 dB. Sementara pada hasil pengukuran VSWR yang di dapat ialah 3,24 dengan gain sebesar -2,53 dBi dan hasil return loss  sebesar -5,13 dB. Pola radiasi yang dihasilkan ialah unidirectional dan polarisasi yang dihasilkan ialah linier.

 

 

Kata kunci: 5G, Antena, superstrate, Substrate Integrated Waveguide (SIW)

Subjek

ANTENNAS & PROPAGATION
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS ANTENA SUPERSTRATE DENGAN SUBSTRATE INTEGRATED WAVEGUIDE UNTUK TEKNOLOGI 5G (DESIGN AND ANALYSIS OF SUPERSTRATE ANTENNAS WITH SUBSTRATE INTEGRATED WAVEGUIDE FOR 5G TECHNOLOGY)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SRI AYU AMALIA
Perorangan
Levy Olivia, Edwar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TTG3D3 - ANTENA DAN PROPAGASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini