Pengaruh Social Media Usage Dan E-WOM Terhadap Purchase Decision Involvement Pada E-commerce Shopee

ARYA AGUNG RAHARDYA

Informasi Dasar

22.04.1664
658.802
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Semakin berkembangnya e-commerce dan penggunaan social media oleh masyarakat, hal ini terjadi dikarenakan dengan adanya pandemi covid 19 menuntut masyarakat untuk melakukan belanja secara online, salah satu e-commerce yang besar di Indonesia ialah Shopee, shopee menggunakan social media dan berbagai strategi seperti promosi, memanfaatkan influencer, dan juga trend. Shopee yang dikenal aktif dalam social media juga, memanfaatkan ewom baik itu di aplikasi ataupun pada social media. disini konsumen terlibat dalam keputusan pembelian berdasarkan informasi ataupun kebutuhan mereka. Sehingga bagaimana shopee dapat mempengaruhi konsumen dengan memanfaatkan social media usage dan ewom dalam purchase decision involvement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media usage, dan ewom terhadap Purchase decision involvement yang dimediasi oleh trust pada e-commerce shopee.
Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal, populasi dalam penelitian ini ialah wilayah JABODETABEK dengan jumlah sampel 385 Sampel, teknik pada pengambilan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling dengan purposive sampling, pengambilan data dengan penyebaran kuisioner menggunakan g-form. Pada penelitian ini teknik analisis Structural Equation Model (SEM) khususnya Covariance Based SEM.
Hasil dari penelitian ini untuk analisis deskriptif social media usage memiliki nilai sebesar 78%, EWOM sebesar 83%, Trust 88%, dan Purchase decision involvement 91% sedangkan hasil SEM menunjukan social media usage dan ewom berpengaruh positif terhadap purchase decision involvement dimediasi oleh trust.
Saran dalam penelitian ini shopee dapat memanfaatkan social media dengan memberikan konten dan aktif pada social media yang dapat memberikan kepercayaan bagi konsumen. selain itu memaksimalkan ewom dengan memanfaatkan social media, menambahkan fitur rekomendasi, dan juga strategi hashtag pada social media. saran untuk peneliti selanjutnya dapat memperkecil cakupan social media, wilayah, ataupun memfokuskan kepada electronic word of mouth dikarenakan variabel ewom memiliki pengaruh yang paling besar.

Kata Kunci: e-commerce, electronic word of mouth (EWOM), Kepercayaan, Keterlibatan Keputusan Pembelian, Penggunaan Media Sosial

Subjek

MARKETING COMMUNICATION CHANNELS
SOCIAL MEDIA-COMMUNICATION IN MARKETING,

Katalog

Pengaruh Social Media Usage Dan E-WOM Terhadap Purchase Decision Involvement Pada E-commerce Shopee
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARYA AGUNG RAHARDYA
Perorangan
OSA OMAR SHARIF
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini