Radio menjadi salah satu media komunikasi yang masih familiar. Di tengah banyaknya media-media baru yang hadir saat ini, media komunikasi radio terus bertahan, bahkan meningkat sangat pesat. Radio hingga kini masih di percaya sebagai media informasi dan komunikasi yang disukai oleh masyarakat lantaran mempunyai peran berguna untuk menyebarkan pesan ke masyarakat luas dan mempunyai kebebasan bertanggung jawab dalam melaksanakan fungsi nya sebagai media yaitu: informasi, Pendidikan dan hiburan. Penyiar merupakan peran penting dari keberhasilan suatu radio. Dari segala kesanggupan dan kelebihan yang penyiar punyai, penyiar harus berusaha menghidupkan radio. Seorang penyiar radio menjadi salah satu kunci utama yang menentukan posisi atau rating radio, penyiar radio juga menjadi kunci utama sebuah stasiun radio. Keberhasilan seorang penyiar radio dalam berkomunikasi secara efektif di tentukan dengan penerapan etika komunikasi. (Kaharu, 2017). Dalam penyampaian pesan, penyiar radio yang bertindak sebagai komunikator idealnya memiliki etika komunikasi penyiar dalam berkomunikasi. Etika-etika tersebut sangat penting terlebih penyiar radio memiliki pekerjaan yang langsung didengarkan oleh banyak manusia, meskipun tidak secara langsung. Proses komunikasi yang terjadi selama siaran berlangsung, ketika penyiar radio menyampaikan pesan, pasti tidak lepas dari etika komunikasi penyiar yang dilakukan.
Kata kunci : Media, Penyiar Radio, Etika komunikasi penyiar, Komunikasi