ANALISIS KERENTANAN KEAMANAN TERHADAP WEBSITE PEMERINTAHAN DAERAH XYZ MENGGUNAKAN PENETRATION TESTING EXECUTION STANDARD (PTES)

MUHAMMAD FAKHRUL SAFITRA

Informasi Dasar

22.04.1693
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi yang pesat dapat mempengaruhi setiap individu, organisasi, bahkan pemerintahan dalam penyampaian informasi secara akurat, efektif dan efisien. Pemerintahan daerah XYZ merupakan institusi pemerintahan yang melayani masyarakat dalam bidang hal perdangangan. Informasi pemerintahan daerah XYZ dikelola langsung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) daerah XYZ sebagai institusi yang bergerak dalam bidang hal teknologi dan informatika. Diskominfo memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat daerah XYZ terutama yang bergerak dalam bidang perdangangan melalui website dengan tujuan mempermudah mendapatkan informasi dan akses secara langsung, data yang akurat, tepat dan terpercaya. Seiring perkembangan teknologi, keamanan terhadap suatu website menjadi sesuatu hal yang penting karena dapat mencegah serangan dari orang yang tidak bertanggung jawab, karena dapat merusak sistem dan merugikan pemilik website tersebut. Pada proses analisis penulis mensimulasikan sebagai seorang attacker untuk mencari celah keamanan dan kerentanan yang terdapat pada website pemerintahan daerah XYZ. Melakukan analisis terhadap celah keamanan yang bertujuan untuk menentukan tingkat risk dan confidence terhadap website. Pada pengujian celah kerenanan keamanan, penulis mendapatkan 42 alert yang mana terbagi menjadi 4 tingkat risk yaitu: Terdapat 9 kerentanan dengan tingkat risk high, terdapat 13 kerentanan dengan tingkat risk medium, terdapat 11 kerentanan dengan tingkat risk low dan terdapat 9 kerentanan dengan tingkat risk informational.

Kata kunci: analisis kerentanan, keamanan, website, standard, report, PTES.

Subjek

CYBER SECURITY
 

Katalog

ANALISIS KERENTANAN KEAMANAN TERHADAP WEBSITE PEMERINTAHAN DAERAH XYZ MENGGUNAKAN PENETRATION TESTING EXECUTION STANDARD (PTES)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAKHRUL SAFITRA
Perorangan
Muharman Lubis, Adityas Widjajarto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini