PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS BERBASIS OPEN-SOURCE ERP MODUL PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS: RSUP HASAN SADIKIN)

I PUTU DHARMA YUDHA

Informasi Dasar

22.04.1698
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin merupakan rumah sakit umum yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Selain memberikan dampak positif dalam menunjang kesehatan masyarakat juga memberikan dampak negatif berupa limbah medis padat yang mengandung berbagai macam virus dan bakteri yang dihasilkan dari kegiatan operasional rumah sakit. RSUP Hasan Sadikin dalam melakukan pengelolaan limbah medis padat masih dilakukan secara manual tanpa menggunakan sistem dan masih terpisah mulai dari tahap awal pemilahan pengelolaan limbah medis padat sampai tahap pelaporan. Pada pengelolaan limbah medis padat juga belum terintegrasi antara setiap manajemen pengelolaan limbah yang ada, unit divisi penghasil limbah dan unit yang bertugas dalam mengelola limbah menyebabkan data pengelolaan limbah medis tidak tercatat dengan baik dan pelaporan menjadi tidak terintegrasi karena tidak tercatat dalam satu sistem. Pada penelitian ini akan mengembangkan sebuah sistem Enterprise Resource Planning (ERP) modul pengelolaan limbah medis padat dengan menggunakan software open-source ERP (Odoo) yang mendukung manajemen pengelolaan limbah medis padat rumah sakit yang terintegrasi menggunakan metode Quickstart yang dapat meminimalkan proses pengembangan sistem. Sistem ERP akan memudahkan rumah sakit dalam merancang sistem pengelolaan limbah medis padat mulai dari tahap pemilahan pewadahan dari setiap unit divisi yang menghasilkan limbah, persiapan pengelolaan, monitoring pengolahan, sterilisasi limbah, penyimpanan, pengangkutan hingga proses terakhir yaitu pelaporan pengelolaan limbah medis padat yang dapat disajikan dalam bentuk dokumen transaksi, export file excel dan chart diagram. Sistem akan diuji fungsionalitasnya dengan menggunakan unit testing, integration testing dan blackbox testing yang divalidasi oleh bagian kesehatan lingkungan. Hasil penelitian pengembangan sistem pengelolaan limbah medis padat untuk dapat melakukan pemilahan dan pewadahan limabh medis padat, membantu persiapan pengelolaan limbah, memonitoring pengolahan limbah, melakukan penyimpanan limbah, mengangkut dan mengembalikan limbah ke pihak ketiga serta membantu pelaporan pengelolaan limbah medis padat berhasil dilakukan dengan melakukan konfigurasi dan kustomisasi pada apliaksi Odoo. Sistem yang dikembangkan dapat mengintegrasikan setiap unit yang menghasilkan limbah pada rumah sakit, unit yang bertugas dalam mengelola limbah dan mengintegrasikan pengelolaan limbah medis padat dengan limbah medis cair, umum dan nuklir berhasil diintegrasikan dengan baik. Pelaporan pengelolaan limbah yang dikembangkan menghasilkan laporan transaksi pengelolaan limbah medis padat dalam bentuk dokumen pdf, excel, dan dalam bentuk dashboard chart reporting yang dapat membantu rumah sakit dalam proses analisa data dan pelaporan pengelolaan limbah medis padat.

Subjek

ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS BERBASIS OPEN-SOURCE ERP MODUL PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS: RSUP HASAN SADIKIN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I PUTU DHARMA YUDHA
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Lutfia Septiningrum
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • ISI4V3 - KOMPUTASI AWAN UNTUK ENTERPRISE
  • ISH4S3 - KONFIGURASI DAN IMPLEMENTASI ERP
  • ISI4S3 - KUSTOMISASI ERP
  • ISI3A3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK
  • ISH1B3 - SISTEM ENTERPRISE

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini