Analisis Genset 500 Kva Sebagai Sumber Energi Utama Di Pt Antam Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat Menggunakan Software Etap (Electrical Transient Analyzer Program)

SABRINA Y LIMBONG

Informasi Dasar

22.04.1701
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Abstrak

Generator set atau sering disebut dengan genset merupakan alat yang sering digunakan sebagai utama dari pembangkit listrik utama. Penggunaan genset sebagai pembangkit listrik utama sudah banyak di terapkan di gedunggedung perbelanjaan hingga pabrik-pabrik yang sangat bergantung pada kebutuhan energi listrik. Salah satunya adalah PT ANTAM, Unit Bisnis Pertambangan Bauksit. Sebagai sistem utama dari sumber energi utama, genset harus memiliki efektifitas yang tinggi dan kondisi yang optimum. Untuk mengetahui dan meningkatkan efektifitas dari genset maka perlu dilakukan analisis dengan melakukan studi kasus secara langsung ke PT ANTAM, Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat. Data yang didapatkan dari analisis studi kasus kemudian akan diolah menggunakan program Electric Transient and Analysis Program (ETAP) Power Station untuk meningkatkan efektifitas (mengoptimalkan) dari genset sebagai sumber energi utama di PT ANTAM, dimana dari genset yang digunakan oleh PT.ANTAM dengan nilai effisiensi, Genset CATERPILLAR memiliki nilai effisiensi 50,6% dan genset DOOSAN memiliki nilai effisiensi 68,4% sedangkan Genset CUMMINS memiliki nilai effisiensi 93,2%. Hal ini dapat dikatakan dimana tujuan penggunaan genset sebagai energi aternatif dan efektifitas tercapai.

Kata kunci : ETAP Power Station, Generator set.

Subjek

ANALYSIS
 

Katalog

Analisis Genset 500 Kva Sebagai Sumber Energi Utama Di Pt Antam Tbk, Unit Bisnis Pertambangan Bauksit Kalimantan Barat Menggunakan Software Etap (Electrical Transient Analyzer Program)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SABRINA Y LIMBONG
Perorangan
Suwandi, Reza Lesmana
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Fisika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini