PENGARUH INTEGRASI HALAL FOOD SCM TERHADAP QUALITY PERFORMANCE (STUDI KASUS PADA UMKM MAKANAN DI KOTA BANDUNG)

WIRA PRAMANA PUTRA

Informasi Dasar

22.04.1703
658.401 3
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan industri makanan halal di Indonesia semakin meningkat khususnya Kota Bandung sebagai Muslim Friendly City dan salah satu kota prioritas halal di Indonesia, menjadikan industri halal mendapat dukungan pemerintah kota menuju ekosistem halal terutama halal food berbasis ekonomi syariah dibuktikan dengan program khusus Pemerintah Bandung yang memfasilitasi sertifikasi halal UMKM halal food. Oleh karena itu,  dibutuhkan proses integrasi dari berbagai pihak pada penerapan halal supply chain management agar mengatur dan mengelola proses kolaborasi pihak terkait dari hulu ke hilir mulai dari bahan baku, produksi dan arus informasi  menjadi produk makanan halal yang sesuai dengan standar dimensi integritas halal yang mengarah pada kinerja kualitas makanan halal, agar konsumen merasa aman dan percaya untuk mengkonsumsi makanan melalui sebuah proses integrasi rantai pasok makanan halal.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar dan terdapatnya pengaruh dari internal integration, supplier integration, customer integration yang memiliki dimensi integritas halal di dalamnya yaitu halal raw material integrity, halal production integrity, dan information integrity terhadap quality performance pada UMKM makanan halal di Kota Bandung.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data didapatkan melalui metode survey melalui kuesioner online yang ditujukan kepada 100 pemilik UMKM halal food di Kota Bandung. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS menggunakan SmartPLS 3.2.9 dengan measurement model dan hypotesis testing menggunakan bootstrapping technique.

Berdasarkan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan SmartPLS, temuan pada penelitian ini mendapatkan hasil bahwa internal integration berpengaruh positif dan signifikan terhadap supplier integration dan customer integration. Internal integration tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap halal raw material integrity, namun berpengaruh positif dan signifikan terhadap halal production integrity dan information integrity. Supplier integration berpengaruh positif dan signifikan terhadap halal raw material integrity, namun tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap halal production integrity. Customer integration tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap halal production integrity, namun berpengaruh positif dan signifikan terhadap information integrity. Halal raw material integrity tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap quality performance, namun halal production integrity dan information integrity berpengaruh positif dan signifikan terhadap quality performance.

Penelitian ini memberikan wawasan baru terhadap pemilik UMKM halal food di Kota Bandung dan memberikan saran kepada UMKM makanan halal di Kota Bandung berdasarkan nilai pengaruh terbesar dan nilai performansi tertinggi berdasarkan analisis IPMA, untuk mempertahankan dan meningkatkan pelaksanaan dari information integrity demi menjaga keberlangsungan dan konsistensi dari quality performance makanan halal di UMKM halal food di Kota Bandung.

 

Kata kunci: halal food, halal scm, halal food SMEs, supply chain integration, quality performance

Subjek

QUALITY MANAGEMENT
ENTREPRENEURIAL MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH INTEGRASI HALAL FOOD SCM TERHADAP QUALITY PERFORMANCE (STUDI KASUS PADA UMKM MAKANAN DI KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIRA PRAMANA PUTRA
Perorangan
Ratih Hendayani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2J4 - MANAJEMEN OPERASI
  • EBI3W4 - MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN
  • EBI3D3 - MANAJEMEN RANTAI PASOK DALAM ERA DIGITAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

tempatkan teratas: rasio terbesar/ terbanyak disetujui/ terbaru
  komentar 5 September, 2022
devirosniawati – DEVI ROSNIAWATI
skripsi dan referensi di dalamnya bisa menjadi acuan penelitian selanjutnya pada topik halal scm
0 komentar.
anda harus sign-in untuk memberikan komentar
belum ada yang menyetujui ulasan ini membantu.
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini