PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH UMUM (DOMESTIK) BERBASIS ODOO MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS RSUP HASAN SADIKIN)

ANNISA FITRIANI

Informasi Dasar

22.04.1708
363.7
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin adalah rumah sakit yang terletak di Kota Bandung, tepatnya di Jalan Pasteur No. 38 Bandung 40161. Rumah sakit dapat menjadi sarana kesehatan tempat berkumpulnya orang sakit maupun sehat, atau dapat menjadi tempat penularan penyakit dan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan. Limbah yang dihasilkan Rumah sakit secara garis besar terbagi menjadi 2 yaitu, limbah medis dan limbah non-medis (domestik). Limbah tersebut harus dikelola agar tidak menimbulkan dampak negative, namun pada kenyataannya masih terdapat beberapa permasalahan dalam pengelolaan limbah umum (domestik) di Rumah Sakit Hasan Sadikin, seperti; pengelolaan data dan informasi yang masih dilakukan tercatat pada kertas sehingga belum terintegrasi antar divisi di rumah sakit serta pencatatan dan monitoring pengelolaan limbah yang masih dilakukan secara terpisah sehingga dapat menyebabkan terjadinya kesalahan data. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dirancang sistem pengelolaan limbah umum (domestik) yang terintegrasi. Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sistem terintegrasi yang sudah umum diimplementasikan di rumah sakit seperti untuk proses pengadaan, warehouse, dan accounting. Penelitian ini akan berfokus dalam perancangan dan pengembangan modul pengelolaan limbah umum (domestik) menggunakan sistem ERP Odoo dengan metode QuickStart yang akan mengintegrasikan nya dengan modul lain, seperti; purchase untuk me monitoring limbah yang dihasilkan oleh setiap divisi penghasil limbah, inventory untuk memudahkan RSHS Bandung dalam pengelompokan limbah hasil pengolahan pada TPS, sales untuk melakukan distribusi limbah ke pihak ketiga. Tidak hanya itu, sistem ini juga dapat membantu menentukan jumlah limbah yang dihasilkan oleh masing-masing produsen penghasil limbah dan terdapat fitur domestic waste indicator yang dapat me monitoring proses pengolahan limbah umum (domestik) melalui indikator keberhasilannya. Sistem yang dirancang dan dikembangkan juga dapat menghasilkan dokumen transaksi dari proses pengolahan limbah umum (domestik) dalam bentuk pdf, serta dapat menghasilkan reporting dalam bentuk excel dan system monitoring dalam bentuk chart/graph.

Kata kunci—Opensource ERP, Pengolahan Limbah Umum (domestic), QuickStart, Odoo.

Subjek

WASTE MANAGEMENT
 

Katalog

PENGEMBANGAN SISTEM PENGELOLAAN LIMBAH UMUM (DOMESTIK) BERBASIS ODOO MENGGUNAKAN METODE QUICKSTART (STUDI KASUS RSUP HASAN SADIKIN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA FITRIANI
Perorangan
Ari Yanuar Ridwan, Lutfia Septiningrum
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini