Covid-19 mempunyai dampak negatif terhadap perekonomian domestik, seperti penurunan daya beli dan konsumsi, kinerja perusahaan yang memburuk, dan ancaman terhadap sektor keuangan dan perbankan serta eksistensi UMKM. Berdasarkan data Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung yang dilansir dari platform berita digital Jabar Ekspres (2021) 90% UMKM di Kota Bandung terkena dampak pandemi. Social media marketing dapat membantu UMKM untuk terus bertahan menjadi usaha yang berkelanjutan. Tujuan pada penelitian ini yaitu
Tujuan pada penelitian ini yaitu ingin mengetahui sejauh mana dampak Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use pada Internet/e-Business Technology dan Social Media Marketing digunakan oleh UMKM di Kota Bandung, bagaimana dampaknya terhadap keberlanjutan UMKM di Kota Bandung, dan untuk menilai seberapa efektif adopsi dari kegiatan Internet/e-Business Technology dan Social Media Marketing ini oleh UMKM di Kota Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis SEM dengan bantuan software SmartPLS. Berdasarkan tujuannya penelitian ini merupakan penelitian kausal. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner hingga mendapatkan 400 responden.
Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa Perceived Usefulness berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Internet/e-Business Technology, Perceived Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Social Media Marketing, Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Internet/e-Business Technology, Perceived Ease of Use tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Social Media Marketing, Internet/e-Business Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Social Media Marketing, Internet/e-Business Technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sustainability MSME’s dan Social Media Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sustainability MSME’s.
Saran yang dapat diajukan yaitu, untuk keberlanjutan UMKM di Kota Bandung dapat dilakukan dengan menggunakan Social Media Marketing atau penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran pelaku UMKM. Aspek Social Media Marketing. Selain itu, bagi pemerintah dapat mengadakan seminar atau pelatihan mengenai penggunaan media sosial dan teknologi sebagai alat pada UMKM di Kota Bandung.
Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Internet/e-Business Technology, Social Media Marketing, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Keberlanjutan UMKM