PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PAPYRUS SAKTI PAPER MILL

SARTIKA NAIBAHO

Informasi Dasar

22.04.1723
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT. Papyrus Sakti Paper Mill merupakan perusahaan yang memproduksi jenis kertas yaitu duplex paper coated. PT. Papyrus Sakti Paper Mill memiliki ± 330 karyawan. Penilaian kinerja karyawan pada PT. Papyrus Sakti Paper Mill berdasarkan data laporan kinerja karyawan di PT. Papyrus Sakti Paper Mill pada tahun 2018 pencapaian kinerja mencapai nilai sebesar 80,01, kemudian pada tahun 2019 mengalami kenaikan menjadi 81,92, sedangkan pada tahun 2020 mengalami penurunan menjadi 81,03. KPI pada prestasi dari tahun 2018-2020 mengalami penurunan, pada tahun 2020 hanya waktu penyelesaian yang mengalami kenaikan dari tahun 2018-2019.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui budaya organisasi pada PT. Papyrus Sakti Paper Mill, komitmen organisasi pada PT. Papyrus Sakti Paper Mill, persepsi dukungan organisasi pada PT. Papyrus Sakti Paper Mill, dan mengetahui pengaruh budaya organisasi, komitmen organisasi, dan persepsi dukungan organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Papyrus Sakti Paper Mill.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling dan kuesioner disebarkan kepada 107 karyawan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan model yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan program SmartPLS 3.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif untuk budaya organisasi adalah dalam kategori sangat baik, dan komitmen organisasi dan persepsi dukungan organisasi adalahdalam  kategori baik. Hasil untuk model yang digunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program SmartPLS 3 dengan t-statistic dan P-coefficient menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, komitmen organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dan persepsi dukungan organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.

Saran peneliti untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian pada objek penelitian atau perusahaan yang berbeda, sehingga dapat mengetahui bagaimana hubungan setiap variabel yang diteliti pada perusahaan yang akan diteliti. Selain itu, peneliti berharap pada penelitian selanjutnya dapat mengembangkan penelitian seperti menggunakan sampel yang lebih banyak dibandingkan peneliti maupun variabel yang tidak peneliti gunakan pada penelitian ini. Namun peneliti selanjutnya juga dapat melakukan penelitian dengan menggunakan variabel yang sama tetapi dengan metode analisis yang berbeda.

Kata Kunci: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Persepsi Dukungan Organisasi, Kinerja Karyawan.

Subjek

Human resource management
 

Katalog

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, KOMITMEN ORGANISASI DAN PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PAPYRUS SAKTI PAPER MILL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SARTIKA NAIBAHO
Perorangan
Nidya Dudija
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI331044 - HUMAN RESOURCE MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini