SISTEM MONITORING AIR ELEKTROLISIS DI KEBUN HIDROPONIK ENERGI LISTRIK PLN

BRANDON SATRIO PAMUNGKAS

Informasi Dasar

22.04.1725
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Air merupakan suatu unsur penting bagi tanaman hidroponik, Air yang digunakan pada pertumbuhan tanaman hidroponik harus mempunyai zat zat yang baik untuk pertumbuhan hidroponik. Elektrolisis air dapat digunakan untuk mengubah molekul air H2O menjadi hidrogen (H2) dan oksigen (O2) dengan menggunakan energi listrik. Elektrolisis terjadi ketika dua elektroda diletakan pada suatu wadah air untuk mengalirkan unsur hara besi pada tanaman hidroponik.

Untuk memudahkan pada saat jarak jauh untuk melihat nilai arus dapat melalui server thinkspeak. Sistem ini dibangun yaitu untuk melakukan sistem pemantauan arus elektrolisis pada tanaman hidroponik berbasis Internet of Things (IoT). Sistem ini dapat memantau arus, tegangan, daya untuk berjalannya sistem ini diperlukan seperti sensor arus INA219, Arduino UNO, modul ESP8266.

Pada penelitian sistem berfungsi sebagai membaca besaran nilai arus elektrolisis dengan dua buah elektroda besi dengan menggunakan sensor ina219 yang hasilnya dapat di tampilkan melalui thinkspeak dengan tersambung internet wifi dengan sistem elektrolisis. Sistem dapat melihat perubahan  nilai arus, tegangan, daya yang dihasilkan oleh elektrolisis dan dapat ditampilkan oleh thinkspeak pembacaan nilai tegangan arus daya sistem elektrolisis ini memiliki tingkat keberhasilan 100% dengan menggunakan sumber listrik PLN 12 V.

Kata Kunci: elektrolisis, internet of things, ina219

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

SISTEM MONITORING AIR ELEKTROLISIS DI KEBUN HIDROPONIK ENERGI LISTRIK PLN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BRANDON SATRIO PAMUNGKAS
Perorangan
Ekki Kurniawan, Novi Prihatiningrum
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • FEH2G4 - ELEKTRONIKA
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini