Kegiatan konsumsi yang berlebihan dilakukan oleh generasi Z dapat mencerminkan seberapa mapan mereka dalam mengelola keuangan. Karakteristik mereka yang melek akan tekmologi mempermudah generasi ini mendapatkan apa yang diinginkan melalui media maya. Pemahaman terhadap financial knowledge yang baik pada generasi ini belum cukup untuk mengetahui financial management behavior. Perilaku menabung yang rendah terlihat pada kebiasaan mereka yang masih mengutamakan memenuhi keinginan saat ini dibandingkan di waktu yang akan datang. Pemahaman literasi keuangan yang sekaligus dapat menilai indikator pengetahuan dan sikap keuangan generasi ini masih tergolong pas-pasan. Adanya keterkaitan antara keadaan parental income dengan kemapanan mereka memberikan uang saku untuk anaknya dapat mempengaruhi pengaturan keuangan yang dimiliki generasi Z. Terlebih populasi mereka yang mendominasi jika dibandingkan generasi lain di Indonesia maupun Kota Bandung.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh financial knowledge (X1) dan financial attitude (X2) terhadap financial management behavior (Y) melalui parental income (Z) pada generasi Z di Kota Bandung. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan serta pengukuran yang memanfaatkan skala likert dengan populasi adalah masyarakat generasi Z di Kota Bandung sebanyak 395.762 jiwa berusia 15 – 24 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan kuesioner sebagai sumber data primer dengan target sampel sebanyak 400 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Structural Equation Modeling (SEM) diolah dengan SmartPLS.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel financial knowledge dan financial attitude terhadap financial management behavior dengan parental income sebagai variabel intervening pada generasi Z di Kota Bandung. Financial knowledge memberikan pengaruh sebesar 0.017, financial attitude memberikan pengaruh sebesar 0.144, sementara financial knowledge, financial attitude, dan parental income memberikan kontribusi pengaruh sebesar 0.482 terhadap financial management behavior. Diharapkan hasil penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman financial knowledge dan financial attitude yang akan berpengaruh terhadap financial management behavior melalui parental income.
Kata kunci: Financial Knowledge, Financial Attitude, Parental Income, Financial Management Behavior, Generasi Z.