ANALISA PERTUMBUHAN PENDAPATAN NASIONAL (PDB) NEGARA BERDASARKAN PENDEKATAN JARINGAN DAN NON-JARINGAN

LIDYA SRI MULYANI

Informasi Dasar

22.04.1733
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perdagangan internasional merupakan aspek penting dalam perekonomian setiap negara di dunia. Sebagai negara agraris, pertumbuhan sektor pertanian menjadi andalan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan pendapatan nasional (PDB) negara. Sektor pertanian memiliki potensi besar untuk terus bertumbuh, dimana Indonesia berada diperingkat kelima ekspor terbesar sektor pertanian dunia, tetapi keadaan ini tidak sesuai dengan kesejahteraan para petani. Hal ini membuat jumlah petani terus berkurang setiap tahunnya dan meningkatnya pengangguran. Melalui pengelolaan ekspor sektor pertanian yang lebih baik, kesejahteraan petani dapat meningkat melalui peningkatan PDB Indonesia. Selain itu, diperlukan juga pengawasan terhadap inflasi dimana inflasi sebagai salah satu faktor yang berpengaruh terhadap PDB.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evolusi jaringan perdagangan sektor pertanian, inflasi, pengangguran dan PDB dunia dari tahun 1998 s.d. 2019, serta mengetahui korelasi antara pendekatan jaringan berupa degree centrality, betweenes centrality, closeness centrality, eigenvector centrality dan pendekatan non-jaringan berupa inflasi dan pengangguran suatu negara terhadap PDB negara tersebut. Penelitian menggunakan data ekspor sektor pertanian, data inflasi dan data pengangguran sebanyak 135 negara dari tahun 1998 s.d. 2019.

Hasil penelitian menunjukkan evolusi dari tahun 1998 s.d. 2019 melalui pendekatan jaringan yang mengalami peningkatan dan penurunan pada network properties dan pendekatan non-jaringan, PDB mengalami penurunan signifikan pada tahun 2008, saat dunia mengalami resesi hebat. Inflasi mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2009 yang mengindikasikan terjadi peningkatan daya beli masyarakat. Penurunan pengangguran tahun 2009 mengindikasikan peningkatan permintaan tenaga kerja. Hasil korelasi Spearman menunjukkan closeness centrality, degree centrality, betweenes centrality, eigenvactor centrality, Inflasi dan Pengangguran memiliki hubungan signifikan dengan PDB dimana nilai korelasi sebesar -0.135, -0.145. -0.152, -0.158, 0.171 dan -0.198.

Kata Kunci: perdagangan internasional, PDB, inflasi, pengangguran, network analysis, korelasi spearman

Subjek

INTERNATIONAL TRADE & DIPLOMACY
 

Katalog

ANALISA PERTUMBUHAN PENDAPATAN NASIONAL (PDB) NEGARA BERDASARKAN PENDEKATAN JARINGAN DAN NON-JARINGAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LIDYA SRI MULYANI
Perorangan
Andry Alamsyah, Dian Puteri Ramadhani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2J4 - MANAJEMEN OPERASI
  • SM532033 - MANAJEMEN OPERASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini