Pengaruh Financial Behavior dan Financial Knowledge Terhadap Financial Satisfaction (Studi Kasus Dewasa Muda Kota Bogor)

MARSYA SALSABILA PUTRI BUDIAWAN

Informasi Dasar

22.04.1734
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa muda pada usia 18 sampai 45 tahun belum memiliki kesadaran dalam mengatur dan mengelola keuangan dengan baik dan efisien. Kondisi tersebut menyebabkan perilaku keuangan individu rendah karena terbiasa melakukan hidup konsumtif dan menyebabkan tingkat pengetahuan keuangan yang rendah karena kurangnya pemahaman tentang keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh financial behavior dan financial knowledge terhadap financial satisfaction secara parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada 400 dewasa muda berusia 18 sampai 45 tahun di Kota Bogor. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik non-probability sampling dengan metode penentuan sampel yaitu convenience sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada financial behavior terhadap financial satisfaction dan adanya pengaruh signifikan pada financial knowledge terhadap financial satisfaction.

Kata Kunci: Dewasa Muda, Perilaku Keuangan, Pengetahuan Keuangan, Kepuasan Keuangan.

Subjek

FINANCIAL MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Financial Behavior dan Financial Knowledge Terhadap Financial Satisfaction (Studi Kasus Dewasa Muda Kota Bogor)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARSYA SALSABILA PUTRI BUDIAWAN
Perorangan
Andrieta Shintia Dewi
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2D4 - MANAJEMEN KEUANGAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini