Analisis Use Behavior Dompet Digital OVO dengan menggunakan Mediasi Behavioral Intention

ALIFIA FATIHANA RINJANI

Informasi Dasar

93 kali
22.04.1737
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Perkembangan teknologi semakin mengalami perubahan mulai dari revolusi industri 1.0 hingga 4.0, di era 4.0 ini terjadi peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya terjadi perubahan gaya hidup masyarakat yang sebelumnya masih tradisional kini sudah mulai kearah digital. Salah satu aktivitas sehari-hari yang paling terlihat perubahannya yaitu transaksi ekonomi dalam sistem pembayaran dari tunai menjadi non tunai yang didominasi oleh penggunaan dompet digital. Dengan adanya perubahan dalam sistem pembayaran, kini semakin banyak penyedia layanan dompet digital yang muncul salah satunya OVO yang diciptakan untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Tetapi ditengah perkembangan dompet digital OVO ini masih terdapat masyarakat yang lebih memilih melakukan transaksi pembayaran secara tunai, karena sebagian dari mereka belum memahami cara kerja dan belum mengetahui kemudahan serta keunggulan yang terdapat pada dompet digital OVO dalam melakukan berbagai macam layanan pembayaran.

Maka tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis use behavior melalui behavioral intention dalam pengunaan dompet digital OVO menggunakan model UTAUT2 dengan memfokuskan variabel independen performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation dan habit terhadap variabel dependen use behavior dengan melihat pengaruh dari behavioral intention sebagi variabel intervening. Sedangkan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan populasi pengguna dompet digital OVO di Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 262 orang responden, untuk pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form yang diolah menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan program SmartPLS versi 3.2.9. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat tujuh hipotesis yang diterima yaitu social influence, hedonic motivation dan habit yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention, serta behavioral intention yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap use behavior.

Selanjutnya social influence, hedonic motivation dan habit memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap use behavior melalui behavioral intention. Kemudian pada penelitian ini terdapat enam hipotesis yang ditolak yaitu performance expectancy, effort expectancy serta facilitating conditions yang memiliki pengaruh secara positif terhadap behavioral intention tetapi tidak signifikan. Selanjutnya performance expectancy, effort expectancy dan facilitating conditions memiliki pengaruh yang positif terhadap use behavior melalui behavioral intention tetapi tidak signifikan. Adapun saran yang dapat penulis berikan untuk perusahaan adalah perusahaan perlu memperbaiki variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation dan habit. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya disarankan dapat melakukan penelitian pada perusahaan yang bergerak di bidang sejenis dan menggunakan variabel pendukung lainnya seperti age, gender, dan experience.

Kata Kunci: Behavioral Intention, Dompet digital, OVO, Use behavior, UTAUT2

ABSTRACT

Technology has been going through developments starting from the industrial revolution 1.0 to 4.0, there is an increase in the number of internet users in the 4.0 era that is caused by multiple factors including changes from a traditional lifestyle to a more modern, digital-centered one. One of the most prominent development is related to the payment system of an economical transaction, from cash to cashless, dominated by the usage of the digital wallet. With said development happening in the society, it caused a surge in the birth of digital wallet service providers, one of them is OVO which was created to help simplify transactions. However, in the middle of a flare of digital wallet usage, some people remain loyal to the traditional way of cash transaction due to the lack of awareness and knowledge regarding the conveniences and privileges that comes from using OVO for various payment services.

That being said, the goal of this research is to analyze use behavior through behavioral intention in the usage of OVO digital wallet using the UTAUT2 method by focusing on the performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, and habit as the independent variables, towards use behavior dependent variable, by comprehending the influence of behavioral intention as the intervening variable. Whereas the method used in this research is the quantitative method, with the OVO digital wallet user population across Indonesia. A sample consisting of 262 respondents is used in this research as the data gathering tool, by way of a google form questionnaire, that is further processed through the Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) with SmartPLS version 3.2.9 program. The result generated seven hypotheses including social influence, hedonic motivation, and habit that have a significant positive effect on behavioral intention, in which behavioral intention also has a significant positive impact on use behavior.

Furthermore, social influence, hedonic motivation, and habit also have significantly and positively affect use behavior through behavioral intention. Apart from that, there are six rejected hypotheses including performance expectancy, effort expectancy, and facilitating conditions, each having a positive effect on behavioral intention albeit not significant. As for the suggestion that the author can give towards the companies, there needs to be an enhancement or refinement regarding the performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, and habit variables. Additionally, the suggestion for the other researchers revolves around doing the research on similar companies and also the usage of wider variables such as age, gender, and experience in further researches.

Keywords: Behavioral Intention, Digital Wallet, OVO, Use behavior, UTAUT2

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
MARKETING MANAGEMENT,

Katalog

Analisis Use Behavior Dompet Digital OVO dengan menggunakan Mediasi Behavioral Intention
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFIA FATIHANA RINJANI
Perorangan
Khairani Ratnasari Siregar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SM451024 - MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM
  • SM532033 - MANAJEMEN OPERASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini