Perbandingan Produktivitas Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Pada Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

TRI YUNDA ISMI AYOMI

Informasi Dasar

22.04.1742
332.632 22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini dunia sedang dihadapkan dengan adanya pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 merupakan permasalahan pada bidang kesehatan yang berdampak pada setiap perekonomian di seluruh dunia. Investor saat ini cenderung menunda untuk melakukan investasi karena berubahnya asumsi pasar. Sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga memiliki peran penting dalam perekonomian. Adanya pandemi Covid-19 membuat sektor ini harus menghadapai tantangan-tantangan baru dari adanya kebijakan yang muncul akibat pandemi Covid-19.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui perbandingan tingkat produktivitas sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga sebelum dan saat adanya pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini digunakan metode Malmquist Productivity Index untuk mengukur tingkat produktivitas. Objek penelitian ini adalah perusahaan kosmetik dan barang keperluan rumah tangga yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2019 yaitu sebanyak 5 perusahaan. Data yang akan digunakan untuk mengukur produktivitas yang didapatkan dari laporan keuangan triwulan masing-masing perusahaan periode 2019 hingga 2021 dengan variabel input berupa modal, beban operasional, beban penjualan, dan total aset. Sedangkan variabel output berupa penjualan bersih dan laba bersih.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata produktivitas sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga sebelum adanya pandemi Covid-19 adalah belum produktif karena nilai TFPCH kurang dari 1. Sedangkan nilai rata-rata produktivitas perusahaan saat adanya pandemi Covid-19 sudah mencapai tahap produktif karena nilai TFPCH lebih dari 1. Hal tersebut dipengaruhi oleh nilai TECHCH yang menunjukkan bahwa perusahaan sudah cukup baik dalam memanfaatkan teknologi. Meskipun begitu hasil uji perbandingan dengan menggunakan Paired T-Test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara produktivitas perusahaan sektor kosmetik dan barang keperluan rumah tangga sebelum dan saat adanya pandemi Covid-19. 

 

Kata kunci: Barang Keperluan Rumah Tangga, Covid-19, Kosmetik, Malmquist Productivity Index

Subjek

STOCKS PRICES
 

Katalog

Perbandingan Produktivitas Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19 Pada Sektor Kosmetik dan Barang Keperluan Rumah Tangga Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRI YUNDA ISMI AYOMI
Perorangan
Fajra Octrina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI223014 - FINANCIAL MANAGEMENT
  • SM855036 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini