SISTEM PREDIKSI DAYA PHOTOVOLTAIC BERDASARKAN PARAMETER LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (ANN)

AGNES CHRISTY MARGARETH

Informasi Dasar

22.04.1747
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Photovoltaic adalah suatu sistem yang dapat mengkonversi cahaya matahari menjadi energi listrik. Namun, efisiensi photovoltaic cenderung masih rendah dan performansinya dipengaruhi oleh beberapa parameter lingkungan seperti debu, kecepatan angin, kelembapan, suhu dan faktor eksternal lainnya. Karena terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi daya yang dihasilkan, maka diperlukan suatu sistem prediksi keluaran daya  yang dapat membantu dalam perencanaan dan pengelolaan serta meningkatkan efisiensi sistem photovoltaic.

Pada penelitian ini dirancang sebuah sistem yang dapat meramalkan daya keluaran photovoltaic dalam jangka pendek dengan menggunakan metode Artificial Neural Network atau yang sering disebut dengan jaringan syaraf tiruan. Prediksi dilakukan berdasarkan efek beberapa parameter lingkungan seperti kecepatan angin, debu, kelembapan, dan suhu terhadap suatu sistem photovoltaic berukuran 10 Wp. Data performansi selama 7 hari digunakan sebagai dataset kemudian diolah menggunakan ANN dengan 5 layer (1 input layer, 3 hidden layer dan 1 output  layer) dan 3 sample epoch (10, 100, dan 1000).

Berdasarkan dataset tersebut, penelitian ini berhasil memprediksi keluaran daya PV selama 7 hari kedepan dengan nilai kesalahan Mean Square Error (MSE) sebesar 0,0010, Mean Absolute Error (MAE) sebesar 0,0155, Root Mean Square Error (RMSE) sebesar 0,0229. Pengaruh utama dari factor suhu sebesar 31,6°C, dengan kenaikan daya mencapai 0,5 hingga 1 watt.

 

 

 

Kata Kunci : Photovoltaic, Artificial Neural Network (ANN).

 

Subjek

Machine - learning
 

Katalog

SISTEM PREDIKSI DAYA PHOTOVOLTAIC BERDASARKAN PARAMETER LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARTIFICIAL NEURAL NETWORK (ANN)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGNES CHRISTY MARGARETH
Perorangan
DESRI KRISTINA SILALAHI, WAHMISARI PRIHARTI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • TEI4G3 - PERANCANGAN SISTEM TERTANAM
  • FEG4C4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini