PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA TELKOM BANDUNG

RIFDA SINTYA MURSID

Informasi Dasar

22.04.1766
658.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SMA Telkom Bandung merupakan sekolah yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas berbasis IT untuk mendukung proses belajar dan mengajar yang baik. SMA Telkom Bandung menilai kinerja guru dengan aplikasi “DITA” yang dilaksanakan setiap semester, dan pada perspektif siswa belum ada yang mencapai kategori tulada, dan pada perspektif kepala sekolah penilaian kategori tulada masih di bawah target yang dicanangkan pihak manajemen sekolah. Kinerja yang baik dapat didukung oleh budaya organisasi dan lingkungan kerja yang baik pula. Budaya organisasi dan lingkungan kerja dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja sumber dayanya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya organisasi dan lingkungan kerja di SMA Telkom Bandung, serta apakah budaya organisasi dan lingkungan kerja memiliki pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru pada SMA Telkom Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder dan data primer juga melakukan wawancara kepada Kepala Sekolah SMA Telkom Bandung. Metode sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Pada penelitian ini, menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis linear berganda, dengan pengujian hipotesis menggunakan uji T, uji F, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian dan hasil respon dari responden, variabel budaya organisasi, lingkungan kerja, dan kinerja guru berada pada tingkat kategori “Sangat Tinggi”. Penelitian ini menemukan bahwa sebesar 56,8% adalah merupakan pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru.
Saran yang dapat diberikan mengacu pada hasil penelitian ini untuk SMA Telkom Bandung adalah untuk para guru dengan support manajemen sekolah mempertahankan impelementasi budaya yang sudah dilakukan selama ini, diharapkan pihak sekolah menjaga aset-aset fisik yang sudah ada dengan menjaga atau meningkatkan anggaran untuk investasi asset, kedepannya sekolah perlu mengevaluasi secara periodik dan konsisten perencanaan program pembelajaran dan implementasinya.
Kata Kunci: Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru

Subjek

ORGANIZATION CULTURE
PERFORMANCE APPRAISAL-PERSONNEL MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SMA TELKOM BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFDA SINTYA MURSID
Perorangan
ARY FERDIAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2I4 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEJIK
  • EBI2E3 - PERILAKU ORGANISASI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini