PENGARUH ECO-LABEL TERHADAP GREEN PURCHASE (STUDI KASUS PADA GENERASI MUDA DI KOTA BANDUNG)

RILLA UMAYA SABILLA

Informasi Dasar

22.04.1774
658.503 8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesadaran lingkungan menjadi suatu keharusan bagi setiap orang karena keadaan lingkungan akan mempengaruhi kehidupan manusia di masa kini dan di masa depan. Sehingga penting untuk mengedukasi konsumen tentang ramah lingkungan. Melalui label ramah lingkungan pada suatu produk, secara tidak langsung akan menambah pengetahuan konsumen mengenai produk ramah lingkungan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari eco-label terhadap green purchase melalui peran mediasi product attribute serta environmental awareness pada generasi muda di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode survey menggunakan kuesioner online dan disebarkan kepada 100 orang warga Kota Bandung yang sesuai dengan kriteria responden penelitian ini. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SEM-PLS pada software SmartPLS 3.2.9 dengan pengukuran model dan pengujian hipotesis menggunakan bootstrapping technique.

Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menggunakan SmartPLS, penelitian ini menemukan bahwa eco-label berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude, product attributes, dan green purchase, namun tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental concern. Product attributes berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude namun tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental concern. Environmental attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental concern. Environmental attitude dan environmental concern berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase.

            Penelitian ini memberikan wawasan baru serta saran untuk industri atau perusahaan produk ramah lingkungan, yang berdasar pada hasil analisis data untuk menerapkan labelisasi produk ramah lingkungan (eco-label) serta memberi edukasi terkait produk hijau serta label ramah lingkungan.Objek pada penelitian ini adalah green product pada industri produk rumah tangga, untuk penelitian selanjutnya dapat menerapkan model penelitian yang sama pada industri lain. Misalnya industri fashion, kosmetik, otomotif, dan lain sebagainya.

 

Kata kunci: eco-label, green purchase, environmental attitude, environmental concern, products attributes

Subjek

PRODUCT MANAGEMENT-MARKETING
 

Katalog

PENGARUH ECO-LABEL TERHADAP GREEN PURCHASE (STUDI KASUS PADA GENERASI MUDA DI KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RILLA UMAYA SABILLA
Perorangan
Ratih Hendayani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3W4 - MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN
  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini