ANALISIS USE BEHAVIOR PADA PENGGUNAAN APLIKASI E-WALLET LINKAJA MELALUI MEDIASI BEHAVIORAL INTENTION DENGAN MENGGUNAKAN SEM-PLS

ANNISA PRAMESWARIPUTRI

Informasi Dasar

22.04.1777
658.834 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Adanya perkembangan teknologi dan ekonomi menimbulkan suatu perubahan pola perilaku dari konsumen yang semula melakukan transaksi menggunakan uang tunai menjadi non-tunai. Salah satu yang mendukung adanya perubahan pola perilaku transaksi tunai menjadi non-tunai ialah kemunculan financial technology yang dimana didominasi oleh penggunaan e-wallet. Tingginya penggunaan transaksi non-tunai jenis e-wallet disebabkan oleh banyaknya layanan penyedia jasa yang muncul salah satunya adalah LinkAja. LinkAja adalah penyedia jasa e-wallet di Indonesia yang merupakan gabungan dari beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Walaupun telah didukung oleh BUMN, penggunaan e-wallet LinkAja sendiri di Indonesia masih berada dibawah para pesaing layanan e-wallet lainnya. Salah satu penyebab rendahnya penggunaan ini ialah rendahnya tingkat penggunaan berkelanjutan dari pengguna LinkAja. Oleh karena itu,digunakan model UTAUT 2 yang didalamnya akan meninjau hal-hal apa saja yang dapat meningkatkan frekuensi penggunaan dari suatu teknologi

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku penggunaan (use behavior) melalui minat penggunaan (behavioral intention) konsumen layanan e-wallet LinkAja menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Analisis pola perilaku penggunaan ini akan diukur menggunakan enam variable independent yaitu performance expectancy (PE), effort expectancy (EE), social influence (SI), facilitating conditions (SI), hedonic motivation (HM), dan habit (H) terhadap variable dependen use behavior (UB) dengan melihat pengaruh dari variable intervening behavioral intention (BI)

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan kausal. Teknik sampling yang digunakan ialah non probability sampling dengan pemilihan sample secara purposive. Adapun jumlah sampel yang digunakan ialah sebesar 262 responden yang dimana data responden ini diperoleh dari kuisioner. Hasil dari data kuisioner ini akan diolah menggunakan SmartPLS 3.2.9 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PE, EE, SI, FC, HM, dan H berpengaruh terhadap UB secara tidak langsung melalui BI. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar terhadap UB ialah FCSedangkan untuk variabel yang memiliki nilai terkecil ialah EE.

Berdasarkan analisis IPMA menunjukkan bahwa variable PE, EE, SI, FC, HM, dan H berada pada kuadran dua, sedangkan untuk BI berada pada kuadran satu. Artinya, pihak LinkAja perlu berkonsentrasi untuk meningkatan keenam variable yang ada pada kuadran dau tersebut dan mempertahankan kinerja yang ada pada kuadran satu yaitu BI.

Kata KunciE-Wallet, LinkAja, SmartPLS 3.0, Use behavior, UTAUT 2

Subjek

CONSUMER BEHAVIOR
 

Katalog

ANALISIS USE BEHAVIOR PADA PENGGUNAAN APLIKASI E-WALLET LINKAJA MELALUI MEDIASI BEHAVIORAL INTENTION DENGAN MENGGUNAKAN SEM-PLS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANNISA PRAMESWARIPUTRI
Perorangan
Khairani Ratnasari Siregar
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini