PENGARUH GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DAN EKONOMI PERUSAHAAN (STUDI PADA PETERNAKAN AYAM DI KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT)

CANTIKA YALVIOLITA

Informasi Dasar

22.04.1785
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pembukaan lahan peternakan untuk mendirikan kandang ayam memiliki dampak negatif bagi lingkungan sekitar, yaitu limbah yang tidak dimanfaatkan secara optimal, baik limbah padat maupun limbah cair, yang akan merusak lingkungan dan dapat mencemari udara maupun yang lainnya. Konsep dari Green Supply Chain Management (GSCM) merupakan solusi yang strategis oleh  perusahaan atau organisasi untuk mengatasi permasalahan ini. Objek penelitian ini adalah industri peternakan ayam di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari Stakeholder Pressure, Green Supply Chain Management, sumber daya hijau perusahaan terhadap kinerja perusahaan (kinerja lingkungan dan ekonomi) pada peternakan ayam di Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Untuk memperoleh data, peneliti menyebarkan kuesioner berupa pernyataan yang mewakili penelitian terdahulu terhadap peternakan ayam yang meliputi keseluruhan bagian yang terlibat dalam kegiatan peternakan ayam, baik pemilik, pekerja, maupun konsumen akhir. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS menggunakan SmartPLS 3.2.9 dan uji normalitas menggunakan SPSS.

Berdasarkan teknik analisis data yang telah dilakukan menggunakan SmartPLS, didapat hasil penelitian ini yang menunjukkan bahwa stakeholder pressure memberikan dampak positif dan signifikan terhadap GSCM dan sumber daya hijau perusahaan, sedangkan Green Supply Chain Management memiliki pengaruh positif dan signifikankan terhadap kinerja lingkungan dan kinerja ekonomi perusahaan. Industri peternakan ayam merupakan objek yang digunakan pada penelitian ini, untuk penelitian selanjutnya dapat menerapkan model penelitian yang sama pada industri yang berbeda, seperti industri perikanan, pertanian, kosmetik, dan sebagainya, agar dapat mengetahui perbedaannya dan melakukan analisis baru dengan metode yang sama.

Kata Kunci : Supply Chain, Supply Chain Management, GSCM, Green Corporate Resources, Stakeholder Pressure, Kinerja Perusahaan, Peternakan Ayam

Subjek

SUPPLY CHAIN MANAGEMENT
 

Katalog

PENGARUH GREEN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DAN EKONOMI PERUSAHAAN (STUDI PADA PETERNAKAN AYAM DI KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATERA BARAT)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CANTIKA YALVIOLITA
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
 
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI4Q4 - SKRIPSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini