PENGARUH BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED PRICE, DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE IPHONE DI INDONESIA

KEIZHA HAYA ATIQAH SARJONO

Informasi Dasar

22.04.1795
658.827
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Fenomena meningkatnya jumlah pengguna smartphone di Indonesia membuat adanya persaingan perusahaan dalam industri smartphone. Hal tersebut dapat dilihat dari data pengguna smartphone di Indonesia yang meningkat drastis setiap tahunnya. Namun merek smartphone iPhone yang dikeluarkan oleh perusahaan Apple tidak menunjukkan indikasi bahwa pangsa pasarnya unggul seiring dengan peningkatan pengguna smartphone di Indonesia. Padahal iPhone merupakan smartphone yang memiliki deretan fitur dan spesifikasi yang papan atas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari empat faktor dalam penelitian ini berdasarkan rendahnya pangsa pasar smartphone iPhone di Indonesia, dimana memerlukan adanya tindakan dari pihak Apple sebagai upaya untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap produknya. Penelitian ini menggunakan brand awareness, perceived quality, perceived price, dan social influence sebagai faktor dalam mempengaruhi minat beli smartphone iPhone di Indonesia.

Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner dan bentuk pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Responden yang terlibat adalah pengguna yang pernah atau sedang menggunakan smartphone merek iPhone yang berada di Indonesia dengan banyak 395 responden. Penelitian ini menggunakan software SPSS versi 26 untuk membantu dalam mengolah dan menganalisis data penelitian.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa seluruh variabel dalam penelitian ini, yaitu brand awareness, perceived quality, perceived price, dan social influence mempengaruhi minat beli secara positif dan signifikan, dimana perceived quality dan social influence memiliki pengaruh paling besar dibandingkan dengan variabel yang lainnya. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan berbagai variabel lain yang dapat mempengaruhi minat beli.

 

Kata kunci: smartphone, brand awareness, perceived quality, perceived price, social influence, minat beli

Subjek

BRANDS-MANAGEMENT
CONSUMER PREFERENCES,

Katalog

PENGARUH BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY, PERCEIVED PRICE, DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE IPHONE DI INDONESIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KEIZHA HAYA ATIQAH SARJONO
Perorangan
Nurvita Trianasari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2H4 - MANAJEMEN PEMASARAN
  • EBI3C3 - PERILAKU KONSUMEN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini