VALIDASI MODEL BISNIS PENGEMBANGAN PRODUK USAHA MIKRO DI BIDANG PAKAIAN (STUDI KASUS: WEARKENYA DI KOTA BANDUNG)

LIGAR GALIH ANUGRAH

Informasi Dasar

196 kali
22.04.1798
658.401 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di Indonesia Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menjadi salah satu bagian terpenting pada ekonomi di indonesia. Salah satu sektor industrinya adalah sektor pakaian jadi yang saat ini sudah banyak tersebar di Indonesia. Dengan jumlah yang banyak tersebut para pelaku usaha tentunya dihadapi dengan persaingan yang ketat, terlebih pada tahun 2019 lalu sektor usaha mikro di indonesia terdampak negatif akibat pandemi Covid-19, sehingga para pelaku usaha dituntut untuk terus melakukan pengembangan terhadap produk yang dimiliki. Validasi Model Bisnis diharapkan dapat menciptakan asumsi yang sudah teruji untuk dapat menghasilkan nilai-nilai yang dapat diterapkan pada model bisnis usaha untuk dapat melakukan pengembangan produk. Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi model bisnis menggunakan metode validasi model bisnis terhadap pengembangan produk pada usaha mikro Wearkenya di bidang pakaian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode studi kasus dengan pendekatan mix method. Pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan observasi, serta dilakukan pengumpulan data secara kuantitatif yang telah ditetapkan pada teori yang digunakan untuk memperkuat data. Validasi model bisnis dilakukan dari kanvas model bisnis yang ingin dikembangkan yang kemudian dianalisis dengan pengujian ide bisnis untuk memvalidasi kesesuaian nilai dengan target konsumen yang nantinya akan menghasilkan saran tindak lanjut untuk pengembangan usaha mikro Wearkenya. Setelah melakukan validasi dengan beberapa pengujian, peneliti merumuskan saran tindak lanjut untuk pengembangan produk berdasarkan hasil yang didapatkan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa validasi model bisnis dari Wearkenya telah valid khusus nya pada blok value proposition, channels, dan revenue streams yang diujikan pada penelitian ini.

Subjek

STRATEGIC MANAGEMENT
PRODUCT DEVELOPMENT,

Katalog

VALIDASI MODEL BISNIS PENGEMBANGAN PRODUK USAHA MIKRO DI BIDANG PAKAIAN (STUDI KASUS: WEARKENYA DI KOTA BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LIGAR GALIH ANUGRAH
Perorangan
Astri Ghina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • EBI3V4 - PENGEMBANGAN BISNIS
  • EBI3M3 - PROYEK KEWIRAUSAHAAN
  • EBI4J4 - VALIDASI MODEL BISNIS

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini