Pandemi saat ini telah mengubah pembelajaran secara tradisional yang digunakan pada sebelumnya menjadi pendidikan jarak jauh berbasis online learning. Pembelajaran Tata Surya atau astronomi pada tingkat SD kelas 5dan 6 dan SMP kelas 8 dan 9 menjadi kurang efektif dikarenakan kurangnya bahan pembelajaran dan bahan praktik. Proyek akhir ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi pembelajaran Astronomi pada mata pelajaran di SD dan SMP. Pada tahun 2013 McGraw-Hill Education dan Hanover Research meneliti preferensi dari 3000 mahasiswa pada pembelajaran digital. Salah satu hasilnya, 79% mahasiswa lebih menyukai ujian yang dilakukan secara daring, termasuk pula buku teks digital. Meskipun penelitian tersebut dilakukan ditingkat pendidikan tinggi, pembelajaran ditingkat pendidikan menengah mungkin memiliki kecenderungan yang serupa.
Aplikasi SpaceNet ini dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran yang terkait dengan astronomi sehingga dapat membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran. Aplikasi ini dibuat dengan mengkombinasikan macam-macam obyek multimedia, yaitu teks, audio, dan video. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VI,VII, dan VIII di salah satu sekolah di daerah Jakarta dengan hasil testing pada aplikasi sebesar 83,10% responden setuju dengan aplikasi yang mereka coba gunakan .