Pengaruh Budaya Organisasi, Persepsi Dukungan Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kesiapan Berubah Karyawan (Studi Kasus: The Royale Krakatau Hotel)

FISKA MAYA SAPTARI

Informasi Dasar

22.04.1812
658.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Selama masa pandemi Covid-19 di Indonesia bisnis perhotelan merupakan bisnis yang menerima dampak sangat besar. The Royale Krakatau Hotel merupakan salah satu hotel yang menutup bisnisnya sementara demi mengurangi penyebaran virus Covid-19. Untuk mengurangi kerugian yang semakin besar The Royale Krakatau Hotel melakukan perubahan yang tentunya perubahan tersebut dapat menimbulkan kekhawatiran bagi karyawan hotel. Untuk mengatasi kekhawatiran akan perubahan tersebut, pihak manajemen hotel harus merumuskan rencana perubahan dengan tepat. Salah satu unsur yang perlu diperhatikan dalam rencana perubahan tersebut adalah dengan memperhatikan kesiapan berubah karyawan, dimana faktor yang berpengaruh terhadap kesiapan berubah karyawan di antaranya adalah budaya organisasi, persepsi dukungan organisasi dan komitmen organisasi.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa kuat budaya organisasi, persepsi dukungan organisasi, komitmen organisasi dan kesiapan berubah karyawan pada The Royale Krakatau Hotel serta pengaruhnya.

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan The Royale Krakatau Hotel. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan kategori sampling jenuh dan jumlah responden sebanyak 111 responden. Data yang diolah adalah data primer menggunakan kuesioner survey yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis Structural Equation Model (SEM)-Partial Least Squares (PLS) dengan software SmartPLS 3.2.9.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial yang dilakukan dengan menggunakan bootstraping, dari nilai Tstatistik diperoleh bahwa budaya organisasi, persepsi dukungan organisasi maupun komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berubah karyawan. Sedangkan hasil pengujian hipotesis secara simultan dengan melakukan uji F menggunakan SPSS 25 diperoleh bahwa budaya organisasi, persepsi dukungan organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berubah karyawan. Nilai koefisien determinasi model penelitian yang diperoleh adalah sebesar 0,713 atau 71,3%.

Saran yang dapat disampaikan untuk The Royale Krakatau Hotel ialah memperhatikan upaya perbaikan dari permasalahan budaya organisasi, persepsi dukungan organisasi dan komitmen organisasi yang diharapkan akan membentuk kesiapan berubah karyawan yang lebih tinggi.

Subjek

ORGANIZATIONAL CULTURE
PERSONNEL MANAGEMENT,

Katalog

Pengaruh Budaya Organisasi, Persepsi Dukungan Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kesiapan Berubah Karyawan (Studi Kasus: The Royale Krakatau Hotel)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FISKA MAYA SAPTARI
Perorangan
Nidya Dudija
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SI331044 - HUMAN RESOURCE MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini