APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN PRODUK (STUDI KASUS: UMKM PURI UTAMI, BANDUNG)

FATHARANI EKA PUTRI

Informasi Dasar

22.06.140
006.312
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Puri Utami merupakan Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang home industri. Pada kegiatannya, UMKM Puri Utami melakukan proses produksi dan penjualan berbagai kategori mukena. Dengan aktivitas penjualan sehari-hari, data transaksi penjualan semakin meningkat dari waktu ke waktu sehingga menyebabkan penyimpanan data yang semakin besar. Pada dasarnya pengumpulan data transaksi penjualan memberikan informasi berharga yang bermanfaat untuk mendukung strategi penjualan pada kelangsungan usaha. Dengan data transaksi penjualan dapat mengembangkan sebuah sistem yang dibangun menggunakan metode market basket analysis. Metode ini digunakan untuk menemukan informasi aturan yang berharga dari sekumpulan data transaksi. Algoritma apriori merupakan salah satu algoritma di dalam data mining yang bertujuan untuk mencari aturan asosiasi berdasarkan pola pengeluaran pelanggan di dalam suatu dataset, sehingga dapat diketahui barang apa saja yang dibeli secara bersamaan dan mengindikasikan kebiasaan pelanggan dalam membeli produk yang sama pada satu waktu tertentu. Aplikasi ini dibangun untuk menemukan aturan asosiasi pada data penjualan produk di UMKM Puri Utami dengan pendekatan model waterfall. Proses penyimpanan database menggunakan MyStructure Query Language (MySQL) dan pembuatan kode program menggunakan framework CodeIgniter (CI) dengan bahasa skrip Hypertext Preprocessor (PHP) serta proses pengujian menggunakan teknik black box testing.

 

Kata Kunci: penjualan, market basket analysis, algoritma apriori

Subjek

DATA MINING
 

Katalog

APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN PRODUK (STUDI KASUS: UMKM PURI UTAMI, BANDUNG)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FATHARANI EKA PUTRI
Perorangan
Tora Fahrudin, Nelsi Wisna
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • VAI3E4 - PROYEK SISTEM INFORMASI AKUNTANSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini