SISTEM PERAYAPAN DATA DARI DARK WEB (TOR) MENGGUNAKAN METODE PERAYAP TERFOKUS (FOCUSED CRAWLING)

PUTRI RAHMASARI YUNELFI

Informasi Dasar

22.04.1826
621.389 28
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada saat ini semakin banyaknya terjadi kasus transaksi barang ilegal dan data pribadi yang mengalami kebocoran. Transaksi ilegal dan penjualan data pribadi biasanya dilakukan pada dark web karena web tersebut memiliki enkripsi yang berlapis dan adanya sistem anonim pada saat mengaksesnya. Karena adanya jaringan yang berlapis-lapis tersebut membuat sulitnya untuk mengakses dan mengetahui konten pada dark web. Dengan menggunakan metode crawling dan juga TOR dapat untuk menembus dan menelusuri konten di dark web.
Metode perayapan di dark web dapat menggunakan focused crawling yang menggunakan pendekatan URL dengan melihat URL yang saling berhubungan dengan halaman URL utama pada topik yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Pada penelitian-penelitian sebelumnya telah dilakukan focused crawling pada web biasa dengan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dibandingkan mesin pencari umumnya.
Dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya dilakukan pengembangan dengan melakukan crawling pada dark web untuk memaksimalkan pencarian konten tidak terbatas di web permukaan saja. Hasil dari penelitian ini yaitu focused crawler ini dengan menggunakan metode Regex Text pada keyword ‘cocain’ didapatkan nilai akurasinya yaitu 90,95% dengan waktu 15,82 detik dan pada keyword ‘hack’ didapatkan dengan akurasi 97.67% dengan waktu 16,03 detik. Selanjutnya pada proses crawling menggunakan Regex Wildcard pada keyword ‘cocain’ didapatkan nilai akurasi sistem sebesar 98,61% dengan waktu 16,3 detik dan pada keyword ‘hack’ dengan akurasi sebesar 99.67% dengan waktu 15,09 detik. Kemudian akurasi menggunakan Regex Optional yaitu pada keyword ‘cocain’ sebesar 98,61% dengan waktu 14,71 detik dan pada keyword ‘hack’ sebesar 99.67% dengan waktu 15.61 detik. Sistem focused crawling ini mampu melakukan fungsionalitasnya di dark web.

Subjek

CYBER SECURITY
 

Katalog

SISTEM PERAYAPAN DATA DARI DARK WEB (TOR) MENGGUNAKAN METODE PERAYAP TERFOKUS (FOCUSED CRAWLING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUTRI RAHMASARI YUNELFI
Perorangan
Yudha Purwanto, M. Faris Ruriawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • SK4013 - KEAMANAN SISTEM
  • TKI3D3 - KEAMANAN SISTEM KOMPUTER
  • TUI4B4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini