Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Persediaan dengan Metode EOQ dan Perhitungan Bahan Baku (Studi Kasus: UMKM Puri Utami, Bandung)

MADE WIDIADNYANI TRISWINADI

Informasi Dasar

22.06.142
657.028 54
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Puri Utami salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menaungi bidang fesyen dalam pembuatan karya tekstil seperti mukena lukis, mukena batik, mukena bahan rayon, dan mukena brokat. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini merupakan perusahaan manufaktur. Puri Utami praktik akuntansi dilakukan secara sederhana melalui excel dan buku, dan belum mempunyai catatan keuangan yang terstruktur mulai dari pencatatan pembelian bahan baku. Menyebabkan kesalahan ketik pada pencatatan, data mudah hilang dan tidak akurat. Persediaan dilakukan berdasarkan perkiraan tanpa mempertimbangkan kebutuhan persediaaan. Pengaturan bahan baku yang tidak efektif dapat meningkatkan jumlah biaya yang dikeluarkan terlalu besar dan meningkatnya biaya penyimpanan. Namun apabila persediaan bahan baku terlalu sedikit dapat mengakibatkan terjadinya kekurangan persediaan sehingga perusahaan tidak dapat melakukan proses produksi. Aplikasi yang dibuat dapat mengelola persediaan dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan perhitungan bahan baku. Economic Order Quantity (EOQ) adalah jumlah kuantitas bahan yang dapat diperoleh dengan biaya minimal atau dengan jumlah pembelian yang optimal. Tujuan dari Economic Order Quantity (EOQ) adalah untuk mengetahui jumlah kebutuhan bahan baku yang optimal, meminimalkan total biaya persediaan, menghilangkan resiko kesulitan bahan baku tidak tersedia di pasaran atau kehabisan bahan baku. Adapun laporan yang dihasilkan berupa jurnal umum, buku besar, kartu stok dan transaksi eoq. Aplikasi ini dibangun dengan metode berorientasi objek yaitu Unified Modelling Diagram (UML), Entity Relationship Diagram (ERD), dan penyimpanan basis data menggunakan MyStructure Query Languange (MySQL). Metode yang digunakan dalam perancangan pengembangan aplikasi Software Developmet Life Cycle (SDLC). Teknik pengujian menggunakan Black Box testing. Pembuatan kode program menggunakan Framework CodeIgniter dengan bahasa Hypertext Preprocessor (PHP).

Subjek

ACCOUNTING INFORMATION SYSTEMS
WEB APPLICATION,

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Persediaan dengan Metode EOQ dan Perhitungan Bahan Baku (Studi Kasus: UMKM Puri Utami, Bandung)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MADE WIDIADNYANI TRISWINADI
Perorangan
Tora Fahrudin, Nelsi Wisna
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2022

Koleksi

Kompetensi

  • DAH2H3 - AKUNTANSI MANAJEMEN
  • DPH2H3 - PEMROGRAMAN WEB BERBASIS FRAMEWORK
  • DAH3G4 - PROYEK AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini