PT. Pegadaian berhasil menerapkan budaya perusahaannya yaitu AKHLAK didukung dengan penerapan teknologi yang tepat sehingga berjalan efisien, berdasarkan hal tersebut PT. Pegadaian pun mendapatkan berbagai penghargaan serta pencapaian atas implementasi budaya organisasinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui praktik komunikasi internal humas dalam mensosialisasikan budaya AKHLAK. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara, dan kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yaitu komunikasi internal yang dilakukan tim budaya kerja menggunakan komunikasi vertikal dan horizontal dapat dikatakan sudah efektif serta pada praktiknya komunikasi internal humas yang diselenggarakan berupa publikasi, event, berita, dan community involvement. Akan tetapi ada hal yang perlu diperbaiki yaitu peran leader yang dapat lebih dimaksimalkan melalui upaya inisiatif dan intensif dalam membantu sosialisasi budaya serta pembangunan hubungan konsisten terhadap aspek-aspek yang dirasa paling diharapkan oleh karyawan.